Mengenal Pengertian EPROM.

Apa itu EPROM? Mengenal Pengertian EPROM

Kali ini kami akan menerangkan seputar EPROM. Penjelasan yang kami bawakan meliputi pengertian, persamaan, dan juga perbedaannya dengan EEPROM. Jadi, silakan simak penjelasan kami berikut ini. Setelah mengetahui informasi ini Anda bisa mengetahui serta membedakan antara EPROM dan EEPROM.

Pengertian EPROM

Pengertian EPROM

EPROM merupakan singkatan dari Eraseable Programmable Read-Only Memory yang merupakan memori chip  untuk menyimpan data pada saat catu daya dalam kondisi mati.

Memori komputer yang bisa mengambil dan menyimpan data meskipun catu daya dalam kondisi mati serta dihidupkan kembali dinamakan non-volatile. Memori yang satu ini dapat kita tulisi dengan program secara elektris. Program di dalam EPROM bisa dihapus ketika terkena sinar ultraviolet serta masih bisa Anda tulis kembali.

Jadi, data yang ada di dalam EPROM tidak akan hilang meskipun pada waktu itu komputer dalam kondisi mati. Dengan kata lain, EPROM tidak memerlukan daya listirk untuk mempertahankan memori tersebut sehingga informasi atau data yang ada di dalamnya aman. Lalu bagaimana cara menghapus data di dalam EPROM? Terdapat sebuah alat yang bisa Anda gunakan untuk menghapus data yang ada di dalam EPROM. Alat tersebut dinamakan UV PROM Eraser.

Alat tersebut akan memancarkan sinar ultraviolet ke memori Anda tersebut. Kami menyarankan Anda menyinarinya tepat di bagian lubang kuning. Dengan begitu, chip EPROM masih bisa Anda gunakan kembali seperti sebelumnya. Anda juga bisa mengisi data atau informari baru ke dalamnya. Selain itu, ada alat lain yang juga bisa Anda gunakan untuk menghapus EPROM. Alat tersebut bernama EPROM Rewriter.

Perbedaan dan Persamaan EPROM dan EEPROM

Setelah memahai pengertian dari EPROM serta bagaimana cara menghapusnya, maka penjelasan kami selanjutnya yaitu mengenai apa yang membedakan antara EPROM dengan EEPROM serta apa yang menjadi persamaan di antara keduanya.

Meskipun memiliki nama yang hampir sama, namun ternyata keduanya berbeda. Data atau informasi yang terdapat di dalam EEPROM bisa Anda hapus per blok dengan menyesuaikan mana alamat yang ingin Anda hapus. Sementara itu, data atau informasi yang terdapat di dalam EPROM tidak dapat Anda hapus per blok.

Meskipun begitu, data yang ada di dalam EPROM masih bisa Anda hapus dengan menggunakan bantuan sinar UV. Sementara itu, persamaan antara EPROM dan EEPROM adalah EEPROM dan EPROM termasuk memori non-volatile. Jadi, keduanya masih dapat menyimpan informasi maupun data meskipun komputer dalam kondisi mati.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian, persamaan, dan juga perbedaan antara EPROM dan EEPROM. Kesimpulannya, keduanya masih bisa menyimpan data meskipun komputer mati. Selain itu, EPROM membutuhkan sinar UV untuk menghapusnya, sementara EEPROM bisa Anda hapus per blok.

Leave a Reply

Send this to a friend