External Storage

Apa itu External Storage? Mengenal Pengertian External Storage

Teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat. Dulu kita hanya bisa menggunakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas sangat kecil yang kemungkinan hanya bisa digunakan untuk memuat beberapa gambar atau bahkan hanya satu video.

Namun saat ini kita bisa dengan mudah menemukan perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan sangat besar. Hampir semua perangkat seperti smartphone, komputer, maupun laptop sudah memiliki media penyimpanan berkapasitas sangat besar.

Sebenarnya media penyimpanan dapat dibagi menjadi dua, yaitu Internal Storage dan External Storage. Kali ini kami hanya fokus membahas tentang external storage. Informasi yang kami berikan yaitu tentang pengertian dan beberapa perangkat yang termasuk ke dalam external storage.

Pengertian External Storage

Pengertian External Storage s

External storage atau penyimpanan eksternal merupakan hardware atau perangkat keras untuk melakukan pembacaan, penulisan, serta penyimpanan data. Secara singkat, external storage adalah hardware yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Beberapa media penyimpanan yang bisa digunakan untuk mendukung operasi pembacaan, penulisan, maupun penyimpanan data antara lain flashdisk, hard disk, dan juga SD Card.

Selain itu, ada juga perangkat keras yang masuk ke dalam external storage namun  hanya digunakan untuk sekali penulisan seperti DVD dan CD. Pengertian external storage juga bisa berupa media penyimpanan yang dapat menyimpan data secara permanen. Data tersebut tidak akan hilang meskipun komputer atau laptop dimatikan atau ketika media penyimpanan tersebut dilepas dari komputer.

Contoh External Storage

1. Flahsdisk

Siapa yang tidak tahu flashdisk? Media penyimpanan eksternal ini bisa dikoneksikan pada port USB. Flahsdisk bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file dengan berbagai macam format.

Media penyimpanan yang satu sudah sangat populer karena kita bisa membawanya ke mana saja tanpa ribet. Selain itu, kapasitas penyimpanan pada flahsdisk juga besar sehingga cukup untuk menyimpan data-data penting kita.

2. Hard Disk

Baik hard disk dan flahdisk memiliki fungsi yang sama. Keduanya bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file dengan beragam format. Perbedaannya tentu saja terletak pada bentuk dan ukurannya.

Terdapat dua jenis hard disk, yaitu hard disk eksternal dan hard disk internal. Hard disk internal biasanya akan dipasang di komputer sebagai ROM. Sementara hard disk eksternal dipasang di luar komputer dan bisa Anda bawa ke mana saja seperti flashdisk.

3. CD dan DVD

CD atau Compact Disk dan DVD merupakan piringan optik yang juga untuk menyimpan data. Memang kapasitasnya tidak sebesar flashdisk dan hard disk. Meskipun begitu, CD maupun DVD memiliki kelebihan dibandingkan dengan dua media penyimpanan sebelumnya yaitu file atau data-data Anda bisa terhindar dari virus. Berbeda dengan data pada flashdisk dan hard disk yang rawan diserang virus.

4. Karu Memori

Kartu memori bisa Anda temukan di smartphone atau camera digital. Memiliki ukuran yang kecil dengan kapasitas yang setara dengan flashdisk. Terdapat tiga jenis kartu memori yaitu:

  • SD Card
  • Mini Card
  • Micro SD

5. Disket

Disket adalah media penyimpanan jaman dulu sebelum adanya hard disk. Berbentuk persegi panjang yang hanya bisa menyimpan data maksimal 1.44 MB. Tentu kapasitas yang sangat kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan data saat ini. Disket sudah ditinggalkan dan tidak ada yang menggunakannya lagi.

6. Pita Magnetik

Media eksternal yang dibuat dari bahan magnetik serta dilapisi dengan plastik tipis ini bisa diakses melalui alat bernama tape drive. Untuk penggunaannya sangat jarang Anda temukan. Hal ini karena bahan dari pita yang mudah rusak sehingga file yang tersimpan di dalamnya juga mudah hilang.

Leave a Reply

Send this to a friend