Aplikasi untuk Burning CD di PC Laptop

10 Aplikasi untuk Burning CD / DVD di PC dan Laptop Terbaik dan Gratis

NESABAMEDIA.COM – Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai hobi menonton film atau mendengarkan musik?

Jika Anda penikmat film atau drama pasti Anda menyimpan banyak file nya di PC / laptop Anda. File film atau drama bukanlah sedikit, pasti membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak.

Jika Anda rasa hardisk PC atau laptop Anda sudah terlalu penuh untuk menyimpan file – file tersebut, mungkin Anda bisa memindahkannya ke CD atau DVD. Caranya cukup mudah dan tidak ribet pastinya. Dengan begitu Anda bisa menghemat ruang penyimpanan hardisk pada PC / laptop Anda.

10 Aplikasi untuk Burning CD di PC / Laptop

Sebenarnya manfaat CD bukan hanya dapat menyimpan file film atau drama saja, banyak sekali jenis file yang bisa Anda simpan di dalam CD maupun DVD. Anda hanya perlu mendownload aplikasi di PC / laptop agar dapat melakukan burning pada CD Anda.

Lalu, aplikasi seperti apa sih yang bisa untuk burning CD? Nah, pada artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk burning CD di PC / laptop. Langsung saja, silahkan simak penjelasan aplikasi untuk burning CD /DVD di PC dan Laptop berikut ini.

1. Nero Burning ROM

Aplikasi untuk Burning CD di PC dan Laptop

Nero Burning ROM merupakan aplikasi untuk burning CD di PC / laptop yang sudah tidak asing lagi. Aplikasi ini sangat populer di kalangan orang yang menggunakan sistem operasi Windows. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Hampir seluruh versi Windows dapat menggunakan aplikasi Nero Burning ROM ini.

Aplikasi ini cukup jadi andalan untuk melakukan burning CD karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Aplikasi ini mempunyai dua versi, diantaranya yaitu versi free download yang mana Anda dapat mengunduhnya secara gratis dan versi berbayar. Kedua versi tentunya memiliki keunggulan masing – masing.

Untuk veri gratis aplikasi ini lebih dikenal dengan aplikasi Nero Media Home sedangkan versi berbayar lebih dikenal dengan aplikasi Nero Burning Room. Beberapa fitur yang Anda dapatkan dengan menggunakan versi premium diantaranya seperti manager media, ripper, konversi, burner, sampai fitur backup data dan rescue.

Tapi, jika Anda menggunakan versi gratis Anda tetap akan mendapatkan fitur yang bagus, Anda tetap bisa melakukan aktivitas burning CD-R maupun CD-RW.

2. BurnAware

BurnAware

BurnAware merupakan aplikasi gratis untuk burn CD di PC / laptop. Aplikasi ini juga cukup populer. Aplikasi BurnAware dapat diintegrasikan dengan menu konteks pada File Explorer, tapi agar Anda bisa mengintegrasikannya Anda harus menjalankan aplikasi BurnAware sebagai admin terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mencentang opsi integrasi.

Aplikasi BurnAware memiliki empat pilihan di dalam menu konteks ketika Anda mengklik kanan pada file. Adapun keempat pilihan tersebut adalah membuat ISO, membuat data disc, dan pilihan untuk menambahkan file ke dalam kompilasi ISO ataupun disc.

Aplikasi ini memiliki 3 veri yaitu versi Pro, Premium, dan versi Free. Jika Anda hanya butuh untuk menyalin konten DVD secara langsung ke DVD lain, atau ekstrak file dari file ISO, atau burning file ISO ke beberapa drive, maka Anda hanya perlu menggunakanversi Free saja untuk mencukupi kebutuhan Anda.

3. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk burn CD di PC / laptop. Tampilan menu yang dimiliki aplikasi ini cukup intuitif dan aplikasi ini juga dikenal fleksibel.

Maksud fleksibel disini adalah aplikasi ini sangat fleksibel dari segi teknisnya karena aplikasi ini sudah mengalami pengujian penggunaan yang panjang. Sehingga aplikasi Ashampoo Burning Studio ini dapat menjamin kestabilan dan keandalan data yang di burn.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini sangat banyak, seperti burning file, audio musik, video, hingga dapat memformat file ISO. Aplikasi ini juga dapat melakukan backup jika ditemukan kelebihan kapasitas pada penyimpanan CD. Backup file yang dihasilkan dapat dikompresi serta data dapat di enkripsi dan mendapatkan perlindungan berupa kata sandi.

4. PowerISO

Aplikasi untuk Burning CD / DVD

PowerISO merupakan aplikasi untuk burn CD di PC / laptop yang baru saja muncul. Aplikasi ini muncul pada tahun 2018 dan sudah menjadi favorit banyak orang. Fungsi yang dimilikinya sangat beragam sehingga membuat orang – orang nyaman untuk menggunakannya.

Kemampuan yang dimiliki aplikasi PowerISO ini sangat lengkap, pasalnya aplikasi ini dapat melakukan burning file gambar dengan format BIN, NRG, ISO, hingga format DAA. Anda juga dapat mengekstrak file ISO dengan sangat mudah. Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan sebgai ripping audio yang menjadi format APE, WMA, MP3, BIN, serta FLAC.

5. ImgBurn

ImgBurn

ImgBurn merupakan aplikasi untuk burn CD di PC / laptop yang memiliki tampilan user friendly sehingga para penggunanya dapat memahaminya denga baik. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil sehingga proses instalasinya pun terbilang sangat cepat.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai macam file, diantaranya seperti BIN, IMG, PDI, dan ISO. Aplikasi Img Burn memiliki 5 mode yang dapat Anda gunakan. Mode pertama adalah mode read yang bisa Anda gunakan untuk membaca file gambar atau disk. Mode kedua adalah mode build yang digunakan untuk memproduksi file gambar yang berasal dari CD ataupun sebaliknya.

Mode ketiga adalah mode write yang digunakan untuk memproduksi disk dari file gambar. Mode keempat adalah mode verify yang digunakan untuk mengecek keterbacaan 100% pada disk DVD atau CD. Mode kelima adalah mode discovery yang digunakan sebagai tester kepada media atau disk drive.

6. InfraRecorder

Aplikasi untuk Burning CD di Laptop

InfraRecorder merupakan aplikasi yang dapat burning file on the fly atau secara langsung atau bisa dengan membuat disc image terlebih dahulu. Setiap opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Burning yang dilakukan secara on the fly atau langsung memiliki proses yang relatif lebih cepat selesai, tapi akan mendapatkan risiko error lebih besar ketika menulis data ke CD ataupun DVD.

Sedangkan burning dengan cara membuat disk image terlebih dahulu memiliki risiko error yang lebih rendah, tapi memerlukan ruang penyimpana yang bisa menampung disk image tersebut, jadi jika Anda memiliki ruang penyimpanan sisa sedikit tidak disarankan menggunakan burning cara ini.

Anda dapat menentukan kecepatan burning dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga bisa melakukan verifikasi setelah melakukan proses burning. Saat proses verifikasi selesai, file hasil burning dibandingkan dengan file aslinya untuk mengecek agar tidak ada file yang error atau bermasalah.

7. CDBurnerXP

CDBurnerXP

Aplikasi CDBurnerXP merupakan aplikasi burn CD pertama yang dibuat untuk Windows XP saja. Padahal aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai macam versi Windows mulai dari Windows 7 sampai Windows 10. Banyak yang mengandalkan aplikasi ini karena fitur yang dimilikinya cukup lengkap. Anda dapat melakukan burning data baik itu berupa file, audio, hingga file jenis ISO.

Bukan hanya dapat digunakan untuk burning CD saja, aplikasi ini mendukung media lainnya seperti DVD, HD-DVD, hingga file blue-ray. Aplikasi ini juga tersedia gratis. Dan aplikasi ini memiliki fitur konversi file gambar dari nrg / bin menjadi file ISO.

 8. Ultimate CD/DVD Burner

Ultimate CD/DVD Burner

Ultimate CD/DVD Burner merupakan aplikasi burn CD yang sederhana, mudah, dan juga praktis. Aplikasi ini bukan hanya digunakan untuk burn CD saja, tapi juga bisa digunakan untuk burning DVD. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa Anda gunakan untuk burning file CD-R, CD-RW, DVD+R/RW, dan DVD-R/RW. Beberapa fitur lainnya adalah burning data, copy disc, photo album, backup, dan juga bisa membuat ISO CD.

9. Star Burn

Star Burn

Star Burn merupakan aplikasi untuk burn CD di PC / laptop yang bisa andalkan. Aplikasi ini memberikan kemudahan dengan berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan dan nikmati tentunya. Aplikasi ini juga bisa melakukan burning CD, CD-R/RW, DVD-R/RW, DVD+R/RW, HD-DVD-R/RW, BD-R/RE, dan DVD-RAM.

Tampilan yang dimilikinya pun sangat sederhana. Anda juga tidak perlu sibuk untuk mengambil file atau data yang akan di burn, cukup lakukan drag and drop data atau file ke aplikasi dan siap untuk di burn.

10. Active@ ISO Burner

Aplikasi untuk Burning CD / DVD di PC dan Laptop

Active@ ISO Burner merupakan aplikasi untuk burn CD di PC / laptop. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis media diantaranya file ISO ke CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD+R, DVD+R DL (Dual layer), DVD-RW, serta DVD+RW. Anda dapat dengan mudah melakukannya pada aplikasi Active@ ISO Burner ini.

Anda tidak perlu kerepotan untuk melakukan burning, cukup dengan memilih path lalu pilih target untuk file yang akan Anda burn. Lalu, Anda juga bisa mengatur kecepatan burn, mode dan jumlah copy yang akan dilakukan. Jika sudah sesuai dengan yang Anda perintahkan, langsung tekan burn. Gampang kan?

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi untuk burning CD di PC / laptop. Silahkan Anda pilih dan instal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend