Apa Itu FreeBSD? Mengenal Pengertian Sistem Operasi FreeBSD

Apa Itu FreeBSD? Mengenal Pengertian Sistem Operasi FreeBSD

Sesekali, tidak ada salahnya mencoba sistem operasi yang berbeda seperti FreeBSD. Siapa tahu, barangkali anda akan lebih menyukai FreeBSD daripada Linux. Apa itu FreeBSD?

FreeBSD adalah sistem operasi turunan dari BSD yang berbasis Research Unix. Sistem operasi ini muncul pertama kalinya pada tahun 1993, sedangkan BSD dan Research Unix sudah muncul jauh sebelumnya. BSD pada tahun 1977, sedangkan Unix pada tahun 1971.

BSD itu sendiri adalah kepanjangan dari Berkeley Software Distribution yang juga dikenal dengan sebutan “Berkeley Unix”. Pengembangannya sudah dihentikan, tapi pengguna yang masih berminat dengan BSD bisa mencoba turunan-turunannya seperti FreeBSD, NetBSD, Darwin, OpenBSD, dan lain-lain.

FreeBSD Bukan Linux

Sistem Operasi FreeBSD

Hingga kini masih sering muncul pertanyaan yang ingin mengetahui apakah FreeBSD adalah salah satu distro Linux. Bukan, FreeBSD berbeda dengan Linux meski keduanya sama-sama berbasis Unix.

Linux sejatinya adalah kernel yang dipadukan dengan sistem GNU, sedangkan FreeBSD adalah sistem operasi yang sudah komplit sejak awal.

Keduanya pun didistribusikan dengan lisensi yang berbeda. Linux menggunakan lisensi GNU GPL dan FreeBSD diedarkan dengan lisensi BSD. GNU GPL termasuk dalam model lisensi copyleft yang lebih ketat daripada model lisensi permissive yang diadopsi oleh BSD. Banyak developer yang memilih BSD karena model lisensinya memberikan keleluasaan dari segi legalitas hukum untuk mengembangkan produk-produk berbasis Unix.

Principle of Least Astonishment (PoLA)

FreeBSD mungkin terdengar asing bagi telinga orang awam, tapi sistem operasi ini sebenarnya sudah digunakan oleh berbagai pihak. Bahkan Netflix pun menggunakan FreeBSD. Performa dan keamanannya memang sangat bagus. Fitur-fitur jaringannya pun sangat berlimpah.

Selain itu, faktor lain yang mendukung penggunaan FreeBSD adalah “Principle of Least Astonishment” yang dianut oleh sistem operasi tersebut. Pada dasarnya, PoLA menjunjung tinggi konsistensi dalam merancang dan mengembangkan software sehingga setiap perubahan harus disertai dengan alasan yang kuat.

Alasan Lain untuk Menggunakan FreeBSD

Mengenal Apa Itu FreeBSD

FreeBSD menyediakan dua pilihan bagi para penggunanya dalam melakukan instalasi. Pilihan pertama berupa paket-paket siap pakai (pre-built) untuk anda yang ingin langsung menggunakan FreeBSD secara apa adanya. Pilihan kedua berupa serangkaian opsi kustomisasi agar FreeBSD yang diinstall benar-benar sesuai dengan keperluan anda.

Di samping itu, komunitas besar yang aktif juga menjadi salah satu aspek yang menarik untuk menggunakan FreeBSD. Hampir setiap masalah yang muncul bisa didiskusikan dengan sesama pengguna melalui berbagai forum, terutama forum yang disediakan di dalam website resmi FreeBSD.

Anda juga bisa aktif di dalam mailing list dan meminta konsultasi melalui berbagai media sosial. Tapi, sebelum meminta bantuan ke pengguna lain, sebaiknya bacalah dokumentasi FreeBSD yang disediakan terlebih dulu hingga tuntas. Jangan sampai menanyakan sesuatu yang sudah diulas dengan jelas di dalam dokumentasi kecuali jika benar-benar ada yang tidak dimengerti.

Leave a Reply

Send this to a friend