Apa itu Gmail

Apa itu Gmail? Mengenal Pengertian Gmail

Pengertian Gmail

Apa itu Gmail? Mengenal Pengertian Gmail

Apa itu Gmail? Gmail atau yang juga dinamakan Google Mail merupakan sebuah layanan surel yang dikembangkan Google dalam bentuk web HTTPS. Gmail merupakan sebuah layanan surat elektronik yang berbasis web. Perlu Anda tahu bahwa Gmail pertama kali diperkenalkan pada 1 April 2004 namun masih dalam bentuk beta. Kemudian pada 7 Februari 2007, Gmail diperkenalkan ke publik namun statusnya juga masih beta.

Setelah itu, layanan elektronik dari Google ini baru bisa lepas dari status beta pada 7 Juli 2009. Seseorang yang berjasa dalam menciptakan Gmail adalah Paul Bucheit yang pada waktu itu merupakan seorang insinyur komputer dari Google. Sebenarnya, awal pengembangannya, proyek ini masih dirahasiakan. Pada 2004, sistem Gmail hanya digunakan oleh beberapa karyawan internal perusahaan. Barulah pada tanggal 1 April 2004, Gmail mulai diperkenalkan.

Layanan surat elektronik ini menjadi yang pertama memberikan kapasitas penyimpanan mencapai 1 GB untuk setiap penggunanya. Dalam perkembangannya, kapasitas penyimpanannya pun semakin meningkat hingga mencapia 15 GB untuk setiap penggunanya. Selain itu, integrasi dengan Google Drive menjadikan kapasitas penyimpanan dari Gmail menjadi lebih besar dibandingkan dengan layanan surat elektronik lainnya.

Manfaat dan Fitur Gmail

Manfaat dan Fitur Gmail

Saat ini, Gmail sudah menjadi salah satu layanan pesan elektronik terbaik di dunia. Jumlah penggunanya pun sudah sangat banyak dan bahkan menjadi terbanyak dibandingkan layanan surat elektronik yang lain.

Gmail memiliki banyak manfaat dan fitur yang membantu berbagai pekerjaan para pengguna. Layanan ini bukan hanya digunakan untuk mengirim dan menerima surat, sekarang Anda bisa mendapatkan notifikasi, memperoleh informasi, dan bahkan melakukan meeting online.

Beberapa fitur yang terdapat pada Gmail antara lain sebagai berikut:

1. Sudah Terintegrasi dengan Produk Google

Gmail memiliki fitur yang membuatnya bisa terintegrasi dengan berbagai produk atau layanan dari Google. Hal ini tentu saja akan memudahkan para pengguna ketika ingin mengkases setiap layanan Google yang tersedia. Salah satu layanan yang sudah terintegrasi tersebut Google Play Store. Anda bisa mengunduh aplikasi apa pun dengan bebas tanpa perlu mendaftarkan lagi.

2. Minim Spam

Gmail merupakan sebuah layanan yang cerdas yang bisa mengetahui apakah email tersebut termasuk spam atau tidak. Fitur yang sangat bermanfaat karena pengguna tidak perlu khawatir akan banyaknya email spam yang masuk karena pasti akan mengganggu.

Mungkin Anda bertanya kira-kira kemana email spam tersebut? Email yang tergolong spam akan secara otomatis masuk ke tempat tersendiri (di bawah semua email) yang beruliskan Spam.

3. Mendapatkan Prioritas Platform atau Layanan Lain

Pada saat Anda menggunakan Gmail, Anda akan memperoleh prioritas ketika menggunakan maupun mendaftar pada layanan yang lainnya. Misalnya pada saat Anda mendaftar di Pinterest, Anda tidak perlu lagi harus menuliskan identitas diri, membuat username dan password, dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa Pinterest juga sudah terintegrasi dengan Google sehingga Anda hanya perlu login menggunakan akun Google Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend