Apa Itu Joox? Bagaimana Sejarah, Keunggulan dan Fitur-fitur yang Dimiliki Joox?

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya membuat kebutuhan untuk melengkapi gadget juga harus menyesuaikan. Seperti saat ini penikmat musik sangat tak terhing jumlahnya, hampir seluruh manusia pasti menyukai musik.

Bagi setiap orang menganggap musik sebagai nyawa kedua mereka karena bisa menyampaikan sebuah perasaan. Untuk melengkapi itu, telah hadir aplikasi musik streaming yang sangat popular dan menjadi tren masa kini yaitu Joox. Joox ingin membagikan pengalaman menikmati musik dengan cara baru kepada masyarakat Indonesia. Dengan berbagai genre yang berbeda-beda.

Apa Itu Joox?

apa itu joox

Joox berasal dari kata “jukebox” adalah sebuah layanan musik streaming legal melalui internet dengan sentuhan personal. Pertama kali diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok, yang merupakan perusahaan di balik instant messaging WeChat.

Joox tersedia dalam bentuk sebuah mobile app (Android dan iOS) dan situs website. Para pengguna dapat mendengarkan lebih dari satu juta lagu dan playlist pilihan mulai dari lokal hingga internasional secara gratis, dan dapat diunduh bila ingin mendengarkan secara offline.

Sejarah Joox

Setelah sukses bertengger di Hongkong dan Malaysia, Joox secara resmi diluncurkan di Indonesia di Exodus Club, Kuningan City, Jakarta pada 20 Oktober 2015.

Dengan slogan “ Live Your Music” selain itu Joox telah menggandeng beberapa label rekaman, termasuk lokal, seperti Universal Music, Warner Music, Musica Studio, dan Trinity Production. Aplikasi yang ditawarkan oleh Tencent Mobility Limited ini telah didownload lebih dari 50 juta user.

Fitur-fitur Joox

a) Koleksi Musik
Joox telah menyediakan jutaan lagu yang bisa dinikmati untuk para pecinta musik secara gratis, dan bisa di unduh secara offline lewat layanan VIP. Koleksi musik sangat beragam, mulai dari lokal, asia, hingga internasional dari berbagai genre.

b) JOOX Radio
Lewat fitur Joox radio, para pendengar dapat mengakses puluhan radio yang terbagi dalam beberapa kategori yang dapat dipilih sesuai selera masing-masing.

c) Rekomendasi Playlist
fitur ini menyediakan pilihan playlist variatif secara khusus dikurasi oleh tim Joox dengan berdasarkan pada tren musik di Indonesia dan dibuat dalam beberapa kategori seperti “genre”, “mood”,”tipe”,”aktivitas” dan juga yang sedang trending seperti tema “throwback”, hal ini ditujukan agar para pendengar tak perlu repot mencari lagu-lagu yang sesuai kategori yang ingin didengarkan.

d) JOOX Top Chart
Fitur Top Chart adalah sebuah fitur daftar urutan lagu yang paling sering dimainkan oleh pengguna aktif Joox. Top Chart dibagi menjadi lima, yakni : “Trending Top Hits”, “International Top Hits”, “Indonesia Top Hits”, “New Single Top Hits” dan “K-pop Top Hits”. Chart ini sesuai kebutuhan penikmat musik yang memiliki prefensi yang berbeda-beda.

e) Personalisasi Musik
Para pengguna Joox dapat membuat playlist baru yang berisikan lagu-lagu favorit pilihan sesuai selera.

f) Real-time Sharing
Fitur ini memungkinkan para pengguna Joox mobile app untuk share dan memberikan komentar terhadap lagu-lagu yang sedang didengarkan ke teman-teman.

g) JOOX VIP
Fitur berbayar JOOX VIP yang diperuntukan untuk para pecinta musik sejati dimana para pengguna Joox dapat menikmati layanan ekstra seperti “play on-demand”, mengunduh lagu untuk didengarkan saat offline, kualitas streaming terbaik, unlimited song skips serta bebas iklan. Joox VIP juga menyediakan fitur “Auto-Download” dimana Joox akan langsung mengunduh music yang ditambahkan ke dalam playlist secara otomatis ketika tersambung koneksi WI-FI.

h) Local Flavor
Menghadirkan pilihan music lokal yang secara langsung dan seksama oleh curator Joox berdasarkan pengamatan tren music terkini yang tengah berlangsung. Meski menawarkan banyak hits internasional, namun Joox tetap ingin membangun koneksi dan komunitas lokal, salah satunya dengan memprioritaskan lagu-lagu lokal untuk tetap mengudara ditengah persaingan lagu-lagu internasional.

Keunggulan Joox

a) Koleksi Musik Terlengkap
Aplikasi ini memiliki kelengkapan dalam genre lagu, artis, hingga lagu favorit disbanding aplikasi music lainnya. Joox memiliki fitur Top Chart serta New Release yang memungkinkan pengguna untuk tetap up to date terhadap perkembangan music di seluruh dunia. Dengan koleksi yang tek terhitung jumlahnya ini, pendengar bisa menjadi seorang DJ dadakan dengan membuat tracklist pilihan sendiri dan membagikannya.

b) Free Radio
Joox juga memiliki fitur Free Radio dimana pengguna bisa mendengarkan lagu-lagu pilihan editor professional dibidang music (Editor’s Pick) yang bis menemani pendengar dalam setiap momen kegiatan.

c) Unlimited Liscensed Music
Joox memberikan akses tak terbatas kepada setiap penikmat music berlisensi (Unlimited Licensed Music) kepada fans setia yang selalu menghargai karya-karya idolanya dengan cara yang legal.

d) Lirik
Menikmati lagu-lagu favorit apalagi tersedia lirik lagu Joox telah menghadirkan fitur seperti ini.

e) Theme Gallery
Jika bosan dengan tampilan aplikasi, anda bisa mengganti tampilan sesuai dengan selera. Joox telah menyediakan berbagai theme yang bisa disesuaikan.

f) Social Circle
Joox menyediakan fitur dimana kamu bisa berbagi pengalaman mendengarkan music ke semua orang melalui Facebook

g) Offline Play
Jika koneksi internet kamu tidak memungkinkan, kamu bisa mengunduh lagu-lagu favoritmu untuk diputar secara offline atau tidak terhubung dengan internet. Dan lebih hebat lagi, kamu bisa mensetting kapasitas penyimpanan data.

h) Music Player
Karena Joox berperan sebagai music player, selain kamu bisa menyimpan music di SD Card, kamu juga bisa mengimport lagu-lagu favoritmu yang ada di storage untuk di putar di Joox.

i) Timer
Jika setiap mendengarkan music kamu selalu merasa mengantuk bahkan sampai tertidur. Kamu bisa mensetting fitur Timer yang memungkinkan lagu yang kamu putar di Joox berhenti di waktu yang telah kamu tentukan.

j) Streaming Quality Setting
Jika kamu merasa khawatir terhadap berapa banyak jumlah paket data yang kamu gunakan untuk streaming Joox. Kamu bisa menemukan pengaturan di general setting untuk menentukan besar data internet yang akan terpakai untuk streaming setiap lagu, serta kualitas lagu yang ingin di download.

Begitu banyak keunggulan aplikasi music online yang satu ini, membuat masyarakat yang didominasi anak muda ingin mencoba JOOX.

Lagu-lagu yang selalu up-to-date dan kualitas audio yang ciamik membuat mereka tertarik untuk mendengarkaan music lewat JOOX. Tentunya beragam jenis music di JOOX original dan bukan bajakan. Sekian pembahasan dari aplikasi music online JOOX. Terima kasih.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend