Apa itu Messenger? Bagaimana Sejarah dan Fitur-fitur yang Diberikan oleh Messenger

Kemajuan teknologi informasi semakin memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Kini kita bisa berkomunikasi dengan luas secara global menembus batas-batas geografis dan politis dengan sangat cepat, mudah dan murah. Dulu kita terbiasa mengirimkan sebuah pesan ke orang lain dengan menggunakan layanan e-mail, tetapi kita sering mengeluh harus menunggu respon ataupun balasan pesan yang kita kirim.

Atas dasar itu muncul chat messenger atau instan messenger atau bisa disebut chatting yaitu sebuah perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat, suatu bentuk komunikasi secara langsung antar dua orang atau lebih hanya dengan menggunakan teks yang diketik. Teks tersebut dikirim melalui komputer atau ponsel yang terhubung dengan sebuah jaringan internet.

Apa itu Messenger

Facebook messenger adalah sebuah situs aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk instant messaging yang mempermudah pengguna facebook dalam berkomunikasi satu sama lain melalui pesan teks, panggilan suara dan kini terdapat panggilan video.

Facebook messenger tersedia pada smartphone maupun PC. Facebook messenger situs utamanya adalah layanan jaringan social. Istilah lain dari jejaring social adalah situs pertemanan, yang dimana kamu bisa mendapatkan teman sebanyak-banyaknya yang luas. Karenanya kamu bisa mendapatkan teman dari berbagai daerah maupun diluar negeri sekalipun.

Sejarah Messenger

Pada awal tahun 2017 facebook dikabarkan menguji coba layanan yang mirip dengan snapchat stories, yang biasa disebut Facebook Messenger. Pertama kali diuji pada September 2016 di Polandia dan kini telah meluncur keseluruh pengguna di seluruh dunia. Facebook memasarkan Messenger dengan cara berbeda dengan Snapchat Stories. Bila Snapchat Stories mengunggah kegiatan sehari-hari, Messenger justru ditujukan untuk berkomunikasi dengan teman dengan cara yang lebih artistik.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyatakan alasan memisahkan aplikasi pesan instannya, messenger. Menurutnya, pesan instan menjadi sangat penting di era dimana masing-masing aplikasi bisa focus melakukan satu hal secara khusus.

Apa itu Messenger

Tampilan Messenger

Tujuan utama facebook adalah News Feed, sementara messenger adalah kegiatan lain yang berbeda yang bisa dilakukan pengguna. Aplikasi Messenger telah mengirim 10 miliar pesan setiap harinya. Pesan tersampaikan dengan cepat dan hanya fokus pada penyampaian pesan saja. Sebaliknya feedbacknya juga lebih cepat tentunya tidak merepotkan. Hadirnya fitur mempercantik sebuah aplikasi berikut :

1. PIN pada Percakapan
Dengan adanya fitur ini kamu tak perlu repot untuk scrolling percakapan sebelumnya yang telah menumpuk. Tinggal melakukan pin , maka prcakapan tersebut akan muncul pada dashboard aplikasi messenger. Caranya klik opsi “group” pada bagian bawah aplikasi, lalu pilih “pin” pada bagian pojok atas.2. Mengirim Pesan Gif
Gif adalah sebuah gambar dengan menampilkan tampilan bergerak. Pada aplikasi ini kamu dapat mengirim gambar dengan format gif.3. Share Foto dengan Photo Magic
Fitur photo magic membuat sesame pengguna aplikasi menjadi mudah dalam mengirim sebuah gambar. Untuk dapat menikmati fitur tersebut klik setting -> photos & media -> lalu pilih dan aktifkan photo magic.

4 Memberi Warna pada Suatu Percakapan
Dengan fitur ini kamu bisa memberi warna pada setiap percakapan. Fitur ini membuat lebih berwarna dan tidak monoton. Caranya tekan nama teman kamu setelah itu akan muncul beberapa pilih, yaitu : nickname, color, serta emoji. Pilih opsi “color” lalu pilihlah warna yang kamu suka.

5. Bisa Pesan Jasa Transportasi Uber dengan Via Messenger
Kalian tidak perlu menginstall aplikasi uber jika ingin memakai jasa transportasi. Cukup dengan percakapan messenger. Caranya klik ikon “more” berupa titik tiga lalu pilih “transportation”. Kamu bisa login dan memesan uber dari aplikasi.

6. Mematikan Pemberitahuan Jika Tidak Ingin Diganggu dengan Chat-chat Tertentu
Jika merasa terganggu dengan percakapan tertentu kamu bisa menonaktifkan notifikasi percakapan tersebut dengan menekan nama dibagian atas pesan. Di layar drop-down akan terlihat beberapa pilihan, kamu bisa memilih berapa lama mematikan notifikasi, 15 menit, 1 jam, 8 jam, 24 jam atau hingga kamu menghidupkan kembali notifikasi tersebut.

7. Fitur dengan Send Location
Dengan penambahan fitur tidak kalah dengan aplikasi lain. Kamu bisa mengirim lokasi. Caranya pilih “conversation” -> “more” -> “location”, kamu dapat mengirim lokasi.

Berikut adalah keunggulan dari penggunaan messenger :

a) Mudah diakses
Aplikasi ini mudah diakses tanpa ribet dan praktis, dimana cukup membuka aplikasi dan langsung terhubung menuju halaman facebook anda.b) Mengetahui pesan dan pemberitahuan secara cepat
Jika menggunakan aplikasi ini anda akan mengetahui pesan dan pemberitahuan secara cepat karena tidak perlu membuka halaman facebook.c) Tampilan yang menarik
Keunggulan selanjutnya adalah memiliki daya tarik dari tampilan dan sama seperti tampilan desktop. Dengan navigasi aplikasi sudah tertata dengan rapi yang akan sangat mempermudah ketika ingin mengakses segala konten yang ada seperti, upload foto, chatting, dan lain sebagainya.

d) Menu yang mudah dipahami
Memiliki menu yang mudah dipahami sehingga banyak orang yang lebih mudah untuk mengetahuinya.

e) Bisa mengetahui teman yang sedang online
Jika bosan kamu dapat melihat siapa saja yang sedang online. Sehingga pengguna dapat langsung mengobrol dengan pengguna lainnya.

f) Tidak ada iklan yang mengganggu
Ketika asyik mengakses tiba-tiba muncul sebuah iklan pasti itu membuat pengguna terganggu untuk menutup iklan tersebut. Di dalam aplikasi ini kamu bakal merasa nyaman karena tidak iklan yang akan muncul secara tiba-tiba di profil kamu.

g) Translate bahasa
Ketika ada yang memberikan pesan menggunakan bahasa asing pastinya sebagian pengguna akan kebingungan. Maka facebook telah menyediakan translate bahasa yang lebih lengkap.

Jika sudah terlengkapi seperti ini kita tinggal memakai messenger saja. Dan bisa juga smartphone yang saat ini hanya berisi satu aplikasi milik Mark Zukenberg saja, semoga tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak menambahkan fitur terbaru.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend