Apa itu Keyboard Virtual? Mengenal Keyboard Virtual

Apa itu Keyboard Virtual? Mengenal Keyboard Virtual

Keyboard virtual atau virtual keyboard adalah sebuah penemuan yang memungkinkan menjadi sebuah alternatif di tengah peredaran keyboard konvensional.

Keyboard ini sebenarnya bermula ketika dipatenkannya teknologi optic oleh insinyur yang berasal dari IBM (International Business Machines) di tahun 1992. Keyboard virtual juga ada yang menyebutnya sebagai keyboard laser. Keyboard ini sangat berguna bagi seseorang yang tidak mampu mengoperasikan keyboard standar.

Jika sebelumnya kita mengkategorikan keyboard sebagai perangkat keras, namun setelah munculnya keyboard virtual maka Anda bisa memasukkan jenis keyboard yang satu ini sebagai perangkat lunak. Selain itu, terdapat perbedaan mendasar antara keyboard virtual dengan keyboard konvensional. Perbedaan tersebut adalah untuk keyboard virtual muncul di layar. Jadi, Anda mengetik tombol-tombol keyboard tersebut langsung melalui layar.

Sementara itu, untuk keyboard konvensional memiliki bentuk fisik yang dapat Anda pegang. Jadi, Anda mengetik langsung dari keyboard tersebut untuk memasukkan perintah sesuai yang Anda inginkan.

Fungsi Keyboard Virtual

Pengertian Keyboard Virtual

Lalu apa fungsi dari keyboard virtual? Salah satu fungsi keyboard virtual adalah untuk menggantikan keyboard konvensional. Namun sebenarnya fungsi dari keyboard virtual tersebut lebih dari itu. Dengan menggunakan jenis keyboard ini, maka Anda bisa terhindar dari serangan hacker, spyware, keylogger, trojan, dan lain sebagainya. Semua ancaman tersebut bisa menyerang Anda kapan saja dan di mana saja.

Biasanya orang-orang yang mengetik dengan menggunakan keyboard fisik, maka lebih mudah bagi mereka untuk memperoleh password maupun no kartu kredit yang diketik menggunakan keyboard konvensional. Maka dari itu, tombol-tombol yang terdapat pada keyboard virtual diketik satu persatu dengan menggunakan mouse. Fungsi lain dari adanya keyboard ini adalah bisa digunakan ketika berada di luar angkasa.

Sensor akan dibaca melalui infra merah sesuai apa yang Anda ketik di keyboard virtual tersebut. Anda juga bisa menyambungkan keyboard virtual serta menggunakannya melalui saluran telepon, PDA, PC, tablet, laptop, dan lain sebagainya. Itulah mengapa penggunaan keyboard virtual sangat diperlukan dalam kondisi tertentu.

Apa Saja Kelebihan Keyboard Virtual?

Setelah mengetahui informasi tentang pengertian dan juga fungsi keyboard virtual, informasi selanjutnya yaitu tentang kelebihannya dibandingkan dengan keyboard konvensional.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh keyboard virtual adalah jenis keyboard ini cenderung lebih aman dibandingkan dengan keyboard fisik. Ketika Anda memasukkan informasi penting seperti data pribadi atau password, maka hacker, keylogger, dan sejenisnya akan kesulitan untuk mendapatkan informasi Anda tersebut.

Selain itu, keyboard virtual juga diketahui lebih steril. Hal ini karena Anda tidak mengetik secara langsung menggunakan jari Anda. Jadi, meskipun keyboard tersebut digunakan oleh banyak orang, kondisinya tetap steril. Berbeda dengan keyboard fisik yang sudah disentuk atau diketik oleh banyak orang. Kelebihan lainnya yaitu keyboard virtual termasuk jenis keyboard yang multi fungsi dan bisa digunakan untuk berbagai gadget.

Leave a Reply

Send this to a friend