Apa Itu Microsoft Outlook? Mengenal Pengertian Microsoft Outlook

Apa Itu Microsoft Outlook? Mengenal Pengertian Microsoft Outlook Lebih Jauh

Microsoft Outlook adalah layanan email yang ditawarkan oleh Microsoft sejak tahun 1997 sebagai pengganti Exchange Client. Produk ini tersedia sebagai bagian dari Microsoft Office, tapi tidak semua edisi Microsoft Office menyertakannya.

Dalam versi terbarunya, Microsoft Outlook disertakan di dalam paket penjualan Microsoft 365 Personal dan Microsoft 365 Family dengan biaya berlangganan per tahun yang lumayan mahal. Microsoft 365 Personal dipatok dengan harga Rp 959.999, sedangkan Microsoft 365 Family dipatok dengan harga Rp 1.299.999.

Selain Microsoft 365, Microsoft juga memiliki edisi lain yang bisa dimiliki selamanya hanya dengan satu kali membayar sebesar Rp 1.899.999, yaitu Office Home & Student 2019. Sayangnya, Microsoft Outlook tidak disertakan di dalam edisi tersebut. Yang ada hanya Word, Excel, dan PowerPoint.

Mengenal Apa Itu Microsoft Outlook

Skema harga Microsoft Office untuk pengguna rumahan

Kabar baiknya, bagi pengguna yang ingin menggunakan layanan email Microsoft tapi merasa biayanya terlalu besar, ada dua cara alternatif yang bisa ditempuh.

Alternatif pertama, dengan menggunakan Windows Mail yang merupakan penerus dari Microsoft Outlook Express. Windows Mail ini tersedia gratis di dalam Windows Vista, Windows 8, dan Windows 10. Sedangkan di Windows 7, Windows Mail diganti dengan Windows Live Email. Jumlah fitur Windows Mail dan Windows Live Mail tidak sebanyak jumlah fitur di Microsoft Outlook versi berbayar, tapi sudah sangat memadai untuk kebanyakan pengguna individu.

Alternatif kedua, dengan menggunakan Microsoft Outlook versi gratis yang tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang mendukung Android dan iOS serta aplikasi berbasis web yang bisa diakses di outlook.com. Website ini merupakan hasil dari rebranding Hotmail sejak tahun 2012.

Pengertian Microsoft Outlook

Microsoft Outlook berbasis web – gratis

Beberapa fitur utama yang tersedia di dalam Microsoft Outlook versi gratis adalah kapasitas penyimpanan email sebesar 15 GB, kapasitas penyimpanan OneDrive sebesar 5 GB, dan akses gratis ke aplikasi Office berbasis web seperti Word, Excel, PowerPoint, OneDrive, dan OneNote. Setiap file yang dibuat di dalam aplikasi-aplikasi online ini akan disimpan di dalam OneDrive.

Kekurangan Microsoft Outlook versi gratis, selain fitur yang serba terbatas, adalah iklan yang muncul di dalam user interface. Meskipun praktik ini sudah umum dilakukan oleh para penyedia layanan email gratis seperti Gmail dan Yahoo Mail, tapi tetap saja kehadiran iklan-iklan tersebut cukup mengganggu, terutama untuk layanan email yang diakses melalui layar HP yang jauh lebih kecil daripada layar monitor laptop dan PC.

Mahalnya versi premium dan minimnya fitur pada versi gratis dari Microsoft Outlook membuat banyak orang lebih memilih layanan email lain, terutama Gmail. Sedangkan untuk para geek yang membutuhkan solusi desktop, banyak yang menggunakan Mozilla Thunderbird. Di kalangan perusahaan yang menggunakan Microsoft Office 365, secara otomatis layanan email yang digunakan adalah Microsoft Outlook, kecuali bagi pengguna Microsoft 365 Business Basic.

Leave a Reply

Send this to a friend