Apa Itu Screenshot? Mengenal Pengertian Screenshot

Apa Itu Screenshot? Mengenal Pengertian Screenshot

Semakin hari, semakin banyak akun media sosial yang bermunculan, dan semakin banyak situs berita yang mengambil bahan beritanya dengan bermodalkan screenshot yang diambil dari akun-akun tersebut. Ada artis berpose berani di Instagram, misalnya, langsung dijadikan berita disertai dengan screenshot dan judul yang bombastis.

Sebenarnya Instagram dan hampir semua media sosial sudah menyediakan fitur embed untuk menayangkan postingan, tetapi postingan bisa dihapus kapan saja oleh pemilik akun. Berbeda dengan screenshot.

Apa Itu Screenshot?

Pengertian Screenshot adalah gambar yang diperoleh dari hasil tangkapan layar. Kegunaannya tidak hanya untuk bahan berita. Screenshot juga selalu dijadikan sebagai barang bukti untuk kasus-kasus pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial.

Dalam lingkup bisnis, screenshot pun menjadi alat yang sangat berguna, misalnya untuk membuktikan pembayaran yang dilakukan melalui transfer antar rekening bank.

Screenshot bisa pula digunakan sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa apa yang anda katakan memang benar-benar terjadi.

Untuk mengambil screenshot, anda tidak harus menginstall aplikasi tambahan di dalam HP karena rata-rata HP modern sudah dilengkapi dengan fitur bawaan untuk keperluan tersebut.

Sama halnya dengan laptop. Anda tidak perlu menggunakan software pihak ketiga karena kebanyakan laptop didukung dengan sistem operasi Windows yang sudah memiliki fitur bawaan untuk mengambil screenshot.

Apa Itu Screenshot?

Meskipun demikian, pada umumnya kemampuan dari fitur-fitur pengambil screenshot bawaan ini terbatas sehingga banyak pengguna yang akhirnya memilih untuk menginstall software lain.

Beberapa software yang bisa anda gunakan untuk mengambil dan menyimpan screenshot di Windows antara lain Screenpresso, PickPick, FreeShooter, Snappy, ShareX, SnapCrab, Monosnap, Sniptool, Screenshot Captor, Lightshot, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua software yang disebutkan di atas berlisensi gratis. Sebagian gratis tanpa syarat, sebagian lagi gratis hanya untuk pemakaian pribadi. Mayoritas juga sudah disertai dengan fitur anotasi untuk menambahkan teks dan tanda panah yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menjelaskan isi screenshot.

Mengenal Pengertian Screenshot

Untuk HP Android, aplikasi yang bisa anda coba adalah Screenshot Touch, AZ Screen Recorder, Screen Master, Lightshot, Stitchcraft Free, Touchshot , Assistive Touch for Android, Screener, dan lain-lain.

Pada umumnya, format gambar yang dipilih untuk screenshot secara default adalah JPG. Ada yang kualitasnya penuh 100 persen, ada juga aplikasi yang secara otomatis mengurangi kualitas JPG menjadi 90 persen untuk memperkecil ukuran file screenshot.

Format gambar lain yang juga sering digunakan untuk screenshot adalah PNG. Format ini lebih bagus daripada JPG untuk screenshot teks, kotak dialog di Windows, dan peta di Google Map.

Format JPG lebih cocok untuk mengambil screenshot dari adegan film, foto-foto di Instagram, game, dan video YouTube. Sebenarnya format PNG juga sama bagusnya, tapi ukuran file akan menjadi lebih besar.

Leave a Reply

Send this to a friend