Apa Itu Secondary Storage? Mengenal Pengertian Secondary Storage

Apa Itu Secondary Storage? Mengenal Pengertian Secondary Storage

Secondary storage hadir dalam berbagai bentuk dengan karakteristik yang berbeda-beda. Sebagai contoh, HDD pada umumnya berkapasitas besar tapi kecepatannya lebih lambat daripada flash drive sehingga lebih cocok untuk digunakan sebagai media backup.

Sedangkan flash drive yang berukuran jauh lebih kecil dan berkecepatan tinggi, lebih sering digunakan sebagai media untuk menampung data yang akan ditransfer ke komputer lain.

Pengertian Secondary Storage

Apa itu secondary storage? secondary storage adalah media untuk menyimpan data dalam jangka waktu selama mungkin sampai file yang dimaksud tidak dibutuhkan lagi oleh pengguna. Yang termasuk dalam media ini, beberapa diantaranya adalah HDD, flash drive, SSD, DVD, CD, disket, dan SD card.

A. Hard Disk Drive

HDD menyimpan file secara magnetis. Harganya lebih murah daripada primary storage, tapi kecepatannya juga lebih lambat. Risiko kerusakannya pun lebih tinggi. Terkadang, HDD yang baru dibeli beberapa minggu pun bisa rusak tanpa sebab yang jelas.

HDD bisa digunakan sebagai media penyimpanan internal maupun eksternal. Sebagai media eksternal, pada umumnya HDD ditujukan untuk backup data. Sebagai media internal, selain untuk menyimpan file, sebagian ruang kosong di dalam HDD juga dialokasikan untuk virtual memory supaya komputer bisa tetap menangani kebutuhan pengguna sekalipun kapasitas RAM tak lagi mendukung.

Apa Itu Secondary Storage?

B. Solid State Drive

SSD menyimpan file secara elektronis di dalam sirkuit-sirkuit semikonduktor. Kecepatannya lebih baik daripada HDD, tidak mudah rusak karena guncangan fisik, tidak bising, dan lebih hemat daya. Singkat kata, performanya mengungguli HDD. Satu-satunya kekurangan yang terlihat oleh pengguna yang paling awam sekalipun adalah harganya. Faktor harga inilah yang membuat HDD masih menjadi primadona bagi kebanyakan pengguna hingga saat ini.

C. DVD, CD, Flash Drive

Media penyimpanan berbentuk DVD dan CD sudah kalah pamor dibandingkan dengan flash drive. Dalam segala aspek, flash drive lebih unggul. Dari segi kemudahan dan kenyamanan, flash drive lebih praktis karena lebih mudah dibawa dan file pun bisa langsung dipindah kedalamnya tanpa burning. Durabilitas flash drive juga lebih bagus dan tidak ada risiko tergores seperti yang kerap menimpa kepingan CD.

D. Disket

Mengenai disket, popularitas media penyimpanan ini mulai bersinar terang pada tahun 1970-an. Dimensi fisiknya tipis tapi cukup lebar sehingga sering disimpan secara berjejer-jejer dalam sebuah boks transparan. Kapasitasnya kecil, hanya dalam hitungan sekian MB. Di tahun 1990-an, disket yang berukuran 3.5 inci rata-rata berkapasitas 1.44 MB.

Pengertian Secondary Storage

Semua media penyimpanan yang termasuk secondary storage memiliki sifat non volatile. Artinya, kemampuan penyimpanan data tidak tergantung pada aliran listrik. Asalkan data sudah disimpan sebelum aliran listrik terputus, data tersebut akan selalu tersedia. Selain media-media di atas, beberapa media lain seperti punch card, blu-ray disc, dan NAS drive juga merupakan secondary storage.

Leave a Reply

Send this to a friend