pdfelement

PDFelement Pro: Layakkah Disebut Aplikasi PDF Editor Terbaik untuk Perangkat iOS?

Review PDFelement Pro by NesabamediaDokumen yang berekstensi PDF biasanya hanya dapat kita baca saja dan tidak bisa kita edit atau sunting sesuka hati. Sehingga membuat kita tidak dapat memberikan catatan maupun menggabungkan dua atau lebih dokumen PDF menjadi satu.

Namun, saya memiliki satu cara yang sangat baik untuk dapat memecahkan permasalahan tersebut. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi PDFelement Pro.

PDFelement Pro merupakan bagian dari Wondershare PDFelement yang berfokus menawarkan aplikasi PDF Editor untuk pengguna Desktop maupun Mobile.

PDFelement Pro merupakan aplikasi editor PDF terbaik pada perangkat iOS. Dimana Anda dapat mengolah dokumen PDF hanya dengan menggunakan iPhone, iPad, dan perangkat iOS lainnya. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan apabila menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah beberapa fitur serta keunggulan dari aplikasi PDFelement Pro.

Fitur dan Keunggulan PDFelement Pro

Apabila Anda sering mengolah dokumen PDF, maka aplikasi ini sangat penting untuk Anda download. Karena aplikasi ini akan memberikan kemampuannya dalam beberapa fitur yang dapat menguntungkan kita sebagai pengguna. Berikut penjelasan lebih detail mengenai Fitur dan Keunggulan PDFelement Pro.

1. Satu Akun untuk Semua Platform

pdfelement

Sama seperti aplikasi lainnya, jika kita menginginkan aplikasi tersebut dapat digunakan secara optimal, maka kita dapat mengubahnya kedalam versi pro terlebih dahulu. Pada versi Pro tersebut, kita akan mendapatkan manfaat yang tidak bisa kita dapatkan pada versi free.

Saat ini PDFelement Pro sudah menyediakan program pembelian akun versi pro dalam dua bagian. Bagian pertama yaitu All Platform dan Mobile. Apa perbedaannya ? Perbedaannya ialah terletak pada harga dan juga hak aksesnya. Dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini pembagian hak akses terbagi menjadi dua.

Dimana pada versi mobile, Anda hanya dapat menggunakan versi pro pada perangkat mobile saja seperti iPhone dan iPad. Sedangkan pada versi All Platforms, Anda dapat menggunakan versi pro pada semua perangkat, baik itu perangkan iphone, ipad, Mac, maupun PC.

Pada versi Mobile, kita dapat membelinya dengan harga Rp 429.000 untuk jangka waktu satu tahun. Sedangkan pada versi All Platforms, kita dapat membelinya dengan harga Rp 1.299.000. Dengan akun pro versi All Platforms, kita dapat menggunakan satu akun PDFelement Pro untuk semua Platform. Itu artinya Anda dapat menggunakan akun pro tersebut di perangkat iPhone, iPad, Mac, maupun PC.

2. Support Layanan Cloud

pdfelement

Apabila dibandingkan dengan akun dengan versi free, layanan aplikasi PDFelement Pro dengan akun versi pro akan memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Perbedaannya juga dapat Anda lihat dari button Connections. Dimana pada layanan akun versi free hanya terdapat layanan icloud dan dropbox saja, sedangkan pada versi pro Anda akan melihat banyak sekali layanan cloud lainnya seperti Google Drive, One Drive, WebDAV dan lain sebagainya.

3. Support Apple Pencil

Support Apple Pencil

Untuk menambah pengalaman dalam mengedit dokumen PDF, aplikasi PDFelement Pro juga sudah menambahkan dukungannya dengan penggunaan Apple Pencil. Dimana Apple Pencil ini mempunyai seguna fungsi yang sangat berguna untuk kita. Anda dapat menggunakannya dalam kebutuhan digital seperti menggambar, membuat catatan serta menandai dokumen.

Sederhananya, Apple Pencil ini mirip seperti pena pada umumnya. Bedanya adalah Apple Pencil merupakan pena digital yang dapat kita gunakan di perangkat iPad. Dengan dukungan Apple Pencil ini, Anda dapat menandatangani sebuah dokumen PDF yang dikirimkan oleh rekan atau klien Anda.

Untuk menandai isi dokumen PDF juga sangatlah mudah karena Anda hanya perlu mencoret-coret bagian mana yang ingin Anda tandai menggunakan Apple Pencil. Untuk pengguna iPhone walaupun tidak bisa menggunakan Apple Pencil, namun kita tetap bisa menandai dokumen PDF menggunakan fitur Pencil pada aplikasi PDFelement Pro.

4. Tampilan User-Friendly

pdfelement

Hal yang terpenting dari sebuah aplikasi yaitu tampilannya yang ramah kepada para pengguna. Maksud tampilannya yang ramah yaitu tampilan dari aplikasi harus membuat para pengguna paham dengan hanya melihatnya saja. Sehingga pengguna tidak perlu kebingungan untuk mencari button atau fungsi yang akan dia gunakan untuk mengolah PDF. Aplikasi PDFelement Pro sudah memenuhi kriteria tersebut, karena tampilan dari aplikasi ini sudah user-friendly.

Dengan tampilannya yang sederhana dan ringkas, seorang pengguna yang baru saja mendownload aplikasi ini akan sangat mudah mengerti dan langsung menemukan berbagai button yang ia perlukan untuk mengolah file PDF.

Aplikasi ini juga sudah mendukung berbagai fitur spesifik seperti drag and drop, split screen dan slide selection. Fitur-fitur tersebut sangat memudahkan para pengguna untuk mengolah file dokumen PDF dengan cara yang sangat instan. Untuk menambahkan elemen lainnya, kita hanya perlu mendrag and drop elemen yang ingin kita tata.

Pengalaman membaca file PDF juga sangat menyenangkan, karena kita dapat mengubah-ubah posisi membaca seperti kita dapat membaca dengan posisi Horizontal, Vertikal, dengan cara melihat halaman secara terus menerus dan membaca dengan cara scroll satu demi satu halaman.

5. Fitur Editing yang Kompleks

Fitur editting merupakan suatu fitur utama dari aplikasi PDFelement PRo. Karena aplikasi ini memang dikhususkan untuk mengelola dan mengedit dokumen PDF dengan mudah.

Oleh sebab itu, fitur editting dari aplikasi ini sangat kompleks. Kita dapat memaksimalkan mengedit dokumen PDF dengan cara memberikan komentar dan menambahkan tanda atau catatan didalam setiap lembar dokumen PDF.

Apa-apa sajakah fitur editting tersebut ? Berikut akan saya jabarkan beberapa fitur editting yang ada di aplikasi PDFelement Pro dibawah ini :

1. Comment List Management

Comment List Management

Comment List Management. Dengan fitur ini Anda dapat dengan cepat untuk menemukan catatan-catatan dan juga tanda yang sudah diberikan. Tetapi ini hanya bisa dinikmati pada device iPad saja.

2. Text Box with Arrow

Text Box with Arrow

Text Box with Arrow. Dapat memberikan kotak teks serta ditambahkan dengan tanda panah, pada fitur ini Anda diizinkan untuk memberikan komentar secara spesifik dengan sangat mudah dan ditambah lagi fitur satu ini tidak ada pada aplikasi editor PDF lainnya. Sehingga fitur ini merupakan fitur andalan yang dapat Anda digunakan.

3. Comment Editting

Comment Editting

Comment Editting, kita juga dapat menggunakan berbagai warna untuk setiap komentar yang ingin ditambahkan. Tidak hanya itu, kita bisa menganti font, ukuran font, dan lainnya disetiap komentar yang ingin kita masukkan.

4. Add a bookmark management tool

Add a bookmark management tool

Add a bookmark management tool. Dengan fitur ini Anda dapat menambahkan, menghapus, memodifikasi, mencari dan mengedit bookmarks.

5. Add file Management

Add file Management

Add file Management. Anda dapat melihat file dokumen PDF menjadi lebih terdiversifikasi, dimana Anda dapat melihat file dengan grid mode maupun list display mode. Anda dapat menyortir dan mencari file yang Anda miliki. Lalu pada akun versi Pro, Anda dapat menikmati fitur kotak pencarian teks dan juga pencarian folder.

6. Add page management

Add page management

Add page management. Pada versi sebelumnya, fungsi rotasi, penghapusan dan ekstraksi sudah tersedia, namun pada versi PDFelement Pro ini juga tidak hanya bisa menikmati fitur tersebut, tetapi kita juga bisa melakukan insert, copy dan share dokumen PDF. Pada fungsi share, Anda dapat membagikan file PDF ke penyimpanan lokal maupun aplikasi lainnya.

7. Picture Editting

Picture Editting

Picture Editting. Dengan fitur ini Anda dapat menikmati berbagai mode untuk mengedit dan mengatur file PDF yaitu seperti fitur rotate, crop, replace extract, copy, search dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga membagi fungsi pengeditan teks dan pengeditan gambar menjadi 2 bagian modul. Kelebihannya yaitu Anda tidak perlu untuk mengedit secara bersamaan dikarenakan perbedaan kedua elemen tersebut, yang mana nanti nya akan membuat Anda merasa kebingungan ketika mengeditnya.

PDFelement Pro for iOS
4.8

Summary

PDFelement Pro merupakan aplikasi PDF Editor terbaik untuk perangkat iOS (iPad dan iPhone) yang dibekali dengan fitur yang kompleks seperti satu akun untuk semua platform, support layanan Cloud dan Apple Pencil, tampilan yang User-Friendly dan lain sebagainya.

  • User Interface
    (5)
  • Features
    (5)
  • Functionality
    (4.5)
  • Compability
    (5)
  • Ease of Use
    (4.5)

Leave a Reply

Send this to a friend