Microsoft Windows 10 Phone

Sebuah Eksperimen Buktikan Windows 10 Adalah Sistem Operasi Serbaguna di Segala Perangkat

NESABAMEDIA.COMMicrosoft sebenarnya sempat mendominasi pasar smartphone dengan sistem operasi Windows Phone mereka. Namun entah kenapa, kemudian bisa tergusur setelah hadirnya perangkat smartphone yang lebih modern buatan Apple, Google dan Blackberry kala itu.

Pada tahun 2015 silam, Microsoft kemudian merilis Windows 10 yang mereka klaim akan menjadi inti dari sistem operasi yang bisa digunakan untuk segala jenis perangkat.

Bagi Microsoft, sistem operasi Windows 10 adalah sistem operasi yang modular dan mampu berjalan pada segala perangkat ada. Akan tetapi, para pengembang masih diharuskan untuk mengoptimalkan aplikasi UWP mereka dan hal ini menjadikan Windows Phone gagal meraih 10 persen market share. 

Perangkat Windows Phone seperti Lumia 950 XL dan Lumia 950, berbagi komponen yang sama dengan perangkat desktop Windows 10 dan sistem operasi Windows lainnya seperti Surface Hub OS. 

Sejauh ini sudah ada ARM Windows 10 untuk perangkat Windows Phone dan para pengembang juga telah mengaktifkan dukungan jaringan seluler di versi Preview Builds Windows 10 21H1. 

Kini, seorang pengembang asal Prancis bernama Gustave Monce berhasil membobol Lumia 950 XL dan kemudian mengganti sistem operasinya dengan Windows 10 Team OS, sebuah sistem operasi yang digunakan untuk Surface Hub.

Smartphone Lumia 950 XL dengan sistem operasi Windows 10 Team OS

Smartphone Lumia 950 XL dengan Windows 10 Team OS

Menjalankan versi lengkap Surface Hub OS pada smartphone ini cukup mengesankan karena sebenarnya sistem operasi itu memang ditujukan untuk aplikasi Whiteboard, dan dengan sedikit penyesuaian pada firmware-nya, tidak akan sulit untuk dijalankan pada smartphone.

Namun tentu saja menggunakan Surface Hub OS di perangkat smartphone bukanlah sebuah pilihan yang praktis, tapi hal ini bisa membuktikan bahwa Windows 10 memang benar-benar sebuah sistem operasi yang sangat serbaguna dan bisa berjalan di hampir semua sistem operasi desktop.

Tak hanya Surface Hub OS, Gustave Monce juga berhasil menjalankan sistem operasi berikut ini di smartphone Lumia 950 XL itu:

  • Windows 10 on ARM
  • Windows 10 on ARM with Mobile Shell
  • Windows RT
  • Linux dan Ubuntu
  • Windows 10 Team OS (Surface Hub OS)

Sebagai informasi, perangkat yang menggunakan Surface Hub OS dirilis dengan Windows 10 Team OS serta hadir dengan antarmuka spesial yang dioptimalkan untuk kolaborasi. Surface Hub OS sendiri tidak mendapatkan pembaruan cukup rutin, namun masih tetap secara aktif didukung oleh Microsoft.

Leave a Reply

Send this to a friend