Windows 10X di Smartphone Lumia 950XL

Windows 10X Mampu Beradaptasi Dengan Baik di Lumia 950XL

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa waktu terakhir menunjukkan bahwa perusahaan di pasar komputer harus mampu beradaptasi dengan kedatangan perangkat komputer berbasis ARM.

Setelah kesuksesan yang diraih chips Apple M1, perusahaan-perusahaan pun berupaya untuk ikut membuat perangkat berbasis ARM mereka sendiri. Mempertimbangan permintaan pasar ini, Microsoft pun juga ikut mengembangkan perangkat berbasis ARM melalui Windows 10X. 

Windows 10X buatan Microsoft akan menjadi Windows 10 dengan versi ringan dan nyaman. Sistem operasi ini pun disebut-sebut akan menjadi alternatif, bahkan pesaing dari Chrome OS. Windows 10X mampu berjalan sangat baik pada perangkat laptop dengan layar sentuh, namun juga sangat layak untuk perangkat dengan mouse dan keyboard. 

Kini dilaporkan bahwa Windows 10X juga sangat siap untuk dirilis ke perangkat smartphone. Seorang pengembang dikabarkan mampu melakukan booting sistem operasi itu ke smartphone Lumia 950XL yang kini telah berusia lima tahun itu. 

Pengembang dengan akun Twitter Gustave Monce itu mengklaim bahwa dia berhasil mendapatkan versi pra-rilis dari Windows 10X untuk kemudian dia jalankan ke smartphone Lumia 950XL miliknya. 

Windows 10X Lumia 950XL

Windows 10X Lumia 950XL

Gambar yang diunggah oleh pengembang itu menunjukkan seberapa handal sistem operasi tersebut beradaptasi ke perangkat dengan layar yang berbeda. Diketahui Lumia 950XL memiliki layar berukuran 5.7 inci, dan bagian Taskbar dari Windows 10X muat dengan baik di bagian bawah layar. Panel Quick Setting-nya juga hadir dengan semua elemen yang dimiliki.

Menurut Monce, meski Windows 10X bisa beradaptasi dengan sangat baik pada perangkat berukuran kecil, namun sistem operasi itu masih memerlukan sejumlah peningkatan. Pada akhirnya ada sejumlah hal dari Windows 10X yang tidak bisa digunakan di perangkat smartphone. Jadi kemungkinan besar tampilan Windows 10X bisa sangat pas dengan smartphon Lumia 950XL karena faktor kebetulan semata. 

Di sisi lain, banyak pihak yang beranggapan bahwa Microsoft masih tidak ingin kembali ke bisnis smartphone dalam waktu dekat, setelah berjuang susah payah dengan Windows Phone-nya. Namun dari peristiwa di atas, Windows 10X sangat mungkin dan masuk akal akan dipakai oleh perusahaan sebagai sistem operasi smartphone nantinya. 

Leave a Reply

Send this to a friend