Android 12 Akan Hadirkan Fitur Berbagi Kata Sandi Wi-Fi

Android 12 Akan Hadirkan Fitur Berbagi Kata Sandi Wi-Fi

NESABAMEDIA.COMAda kalanya pengguna Android harus kebingungan untuk berbagi kata sandi Wi-Fi di rumah atau kantor ke rekan atau banyak orang lainnya. Selama bertahun-tahun pengguna harus mengetik kata sandi secara manual, atau mengucapkannya dengan keras untuk diinformasikan ke pengguna lain. Sepertinya pada Android 12 yang akan datang, akan ada fitur yang memudahkan untuk berbagai kata sandi Wi-Fi.

Android 12 dikabarkan akan memiliki fitur berbagi kata sandi Wi-Fi dengan pengguna Android lain yang berada tidak jauh dari pengguna pertama. Menurut XDA Developer, Google saat ini tengah berupaya mengembangkan sebuah solusi baru yang akan memudahkan pengguna Android untuk berbagi kata sandi Wi-Fi mereka ke siapapun yang mereka inginkan. Tentunya, selama pengguna lain itu masih berada dalam jangkauan fitur tersebut.

Sebuah dokumentasi baru yang diunggah ke AOSP menunjukkan bahwa sebuah opsi bernama “Share WiFi” akan diimplementasikan melalui tombol berbagi terdekat. Komponen berbagi itu kemudian akan terbuka, sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk perangkat apapun yang berada dalam jangkauan fitur Nearby Share itu.

Nantinya, penerapan fitur tersebut tidak membutuhkan kontak fisik atau pemindaian apapun, yang mungkin akan menjadi langkah paling nyaman untuk dilakukan. Untuk saat ini, pengguna Android memiliki opsi untuk memindai kode QR melalui protokol Wi-Fi Easy Connect.

Namun meski demikian, cara tersebut masih dianggap belum benar-benar memudahkan. Sebab, pengguna diharuskan mendekatkan perangkat masing-masing agar sistem bisa melakukan pemindaian kode QR tersebut. 

Dokumen tersebut mengungkap kemungkinan besar fitur Nearby Share itu akan diterapkan untuk Android 12 yang akan datang. Dan karena versi pratinjau pengembang Android 12 yang akan lebih dulu diluncurkan pada bulan depan untuk pertama kalinya, maka mereka memiliki sedikit waktu untuk benar-benar bisa menghadirkannya. 

Adanya strategi merger yang akan dilakukan, bisa berarti bahwa fitur tersebut kemungkinan baru akan ada pada versi pratinjau kedua atau ketiga. Jadi, jangan berharap untuk bisa menemukan fitur ini pada versi pratinjau yang akan datang dalam waktu dekat. 

Tentu saja ini juga bukan fitur terbaik yang akan hadir di Android 12. Satu hal lagi yang diketahui adalah Google akan membuka kerjasama dengan toko aplikasi pihak ketiga untuk perangkat Android kedepannya, namun tanpa harus menumbalkan masalah keamanan. Namun soal bagaimana hal itu akan terjadi, hingga saat ini masih menjadi misteri. 

Leave a Reply

Send this to a friend