Fitur Split Screen Android 12

Google Desain Ulang Fitur Split Screen di Android 12

NESABAMEDIA.COMGoogle tengah menyiapkan inovasi menarik untuk sistem operasi Android 12 yang akan datang. Sejumlah pengembang menemukan sebuah fitur baru yang mungkin akan menjadi kabar baik bagi para pengguna smartphone dengan layar besar. Ini adalah fitur Split Screen yang didesain ulang untuk mode multitasking di Android 12

Dengan mode tersebut, pengguna bisa menampilkan dua aplikasi (bahkan lebih) dan menggunakannya secara bersamaan. Fitur ini akan sangat membantu dan berguna untuk smartphone dengan layar besar. 

Pada mode Split Screen yang ada sekarang ini, pengguna harus membuka sebuah aplikasi terlebih dahulu. Kemudian mengaktifkan mode Split Screen untuk aplikasi kedua dengan membuka aplikasi yang baru saja digunakan, dan kemudian membuka aplikasi yang kedua. Solusi ini seringkali tidak memberikan kenyamanan, sehingga pabrikan seperti Samsung, LG dan Microsoft menawarkan fitur alternatif dari Split Screen bawaan Android tersebut. 

Kini, Google tengah menyiapkan sebuah fitur Split Screen yang akan didesain ulang secara keseluruhan yang mereka beri nama App Pairs. Ketika menjelajahi aplikasi yang baru digunakan, App Pairs akan membantu pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam satu tugas. 

Misalnya, saat pengguna kerap membuka dua aplikasi secara bergantian, maka mereka bisa dengan mudah membuka atau kembali ke aplikasi sebelumnya setelah selesai dengan aplikasi lainnya. Contoh penggunaanya bisa dilihat dalam tangkapan layar berikut ini.

Tampilan App Pairs Fitur Baru Android 12

Tampilan App Pairs Fitur Baru Android 12

Ini adalah fitur baru lain yang akan hadir di Android 12. Sebelumnya nesabamedia.com juga telah mengulas fitur baru lain yang akan memudahkan pengguna untuk memperbarui atau meningkatkan versi dari Android mereka. 

Cara yang lebih mudah ini, ditawarkan Google dengan menjadikan pembaruan Android bisa dilakukan melalui Play Store. Sehingga pembaruan dan peningkatan sistem operasi Android, bisa dilakukan layaknya aplikasi biasa pada umumnya. 

Fitur ini terungkap dari sebuah dokumen yang menyebutkan adanya pengembangan Project Mainline. Diketahui proyek itu adalah bagian dari langkah Google untuk memberikan pelayanan yang lebih memudahkan kepada pengguna Android, khususnya untuk melakukan peningkatan pembaruan sistem operasi. Pasalnya, selama ini pembaruan sistem operasi hanya bisa dilakukan melalui halaman Settings, dengan langkah-langkah yang lebih memakan waktu.

Leave a Reply

Send this to a friend