Xiaomi Hentikan Layanan MiTalk

Xiaomi Hentikan Layanan MiTalk Mulai 19 Februari

NESABAMEDIA.COMPabrikan smartphone asal Cina, Xiaomi dikenal memiliki sejumlah lini bisnis yang hampir semuanya berjalan dengan sangat baik. Namun, rupanya ada beberapa yang dianggap memiliki kinerja di bawah rata-rata, dan dianggap tidak memenuhi target perusahaan. Menurut pihak Xiaomi, mereka akan mematikan layanan MiTalk, tepatnya pada tanggal 19 Februari 2021 mendatang. 

Jika anda adalah salah satu pengguna dari layanan aplikasi MiTalk, maka anda diharuskan untuk memindahkan riwayat pesan secara manual.

Perlu diperhatikan bahwa setelah tanggal 19 Februari nanti, pengguna tidak akan bisa lagi menggunakan layanan tersebut atau memindahkan data sama sekali. Dan jika smartphone anda menggunakan Android versi 8.8.70 ke atas, maka anda bisa memanfaatkan fitur pemindahan sekaligus. 

Xiaomi pertama kali meluncurkan layanan MiTalk ini adalah pada tahun 2010 silam. Awalnya, layanan ini merupakan platform perpesanan yang sangat populer yang memiliki jutaan pengguna.

Namun, selama bertahun-tahun MiTalk berangsur kehilangan para penggunanya. Faktor utamanya adalah karena munculnya aplikasi pesaing yang menawarkan fitur lebih modern dan pengalaman lebih baik. Salah satunya adalah WeChat

Sangat disayangkan memang untuk melihat MiTalk pergi. Namun di sisi lain penggunanya juga memang terlalu sedikit untuk perusahaan sebesar Xiaomi. Mungkin demi alasan efisiensi, memang tidak ada jalan lain untuk mempertahankan layanan tersebut. 

Berikut pernyataan resmi dari pihak Xiaomi, perihal dihentikannya layanan MiTalk.

Dear pengguna MiTalk,

“Sejak dirilis, MiTalk telah mendapatkan banyak sekali dukungan dan dicintai oleh semua orang, dan team MiTalk sangat-sangat berterima kasih atas hal itu. Karena adanya perubahan bisnis, kami akan menghentikan layanan MiTalk terhitung mulai pukul 12.00 siang pada tanggal 19 Februari 2021. Jadwal spesifiknya adalah sebagai berikut:

Tanggal 1 Februari 2021 : Pendaftaran akun dan perpesanan akan dihentikan

Tanggal 19 Februari 2021 : Menghentikan fitur login dan mematikan server. Setelahnya, pengguna tak akan lagi bisa menggunakan MiTalk. 

Pengguna diminta untuk segera memindahkan riwayat pesan dan data pribadi serta informasi lainnya sebelum layanan dihentikan. Setelah layanan dihentikan, pengguna tidak akan bisa melakukan pemindahan informasi pengguna di MiTalk. Selain itu, pengumpulan informasi terkait secara legal yang kami lakukan saat menyediakan layanan MiTalk, akan disimpan dengan perlindungan hukum dan regulasi yang sudah dijelaskan dalam kebijakan MiTalk. Setelah periode penyimpanan, kami akan menghapus atau meng-anonimkan informasi pribadi anda. 

Terakhir, kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada pengguna atas dukungannya selama beberapa tahun terakhir ini. Kami meminta maaf untuk segala ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penghentian MiTalk. Nantinya, tim MiTalk akan bekerja lebih keras lagi untuk menghadirkan layanan baru yang lebih baik.”

Leave a Reply

Send this to a friend