Fitur Android 12

Intip Fitur Android 12 Yang Sedang Digarap Google

NESABAMEDIA.COMMemang saat ini Android 11 sudah mendekati tahap final untuk dirilis ke publik. Prosesnya tinggal memastikan sistem operasi itu bisa berjalan dengan baik pada perangkat yang berbeda. Saat tim pengembang melakukan tanya jawab dengan pengguna Reddit untuk membahas masalah teknis dari Android 11 tersebut, informasi justru muncul yang mengungkap sejumlah fitur yang bakal ada di Android 12.

Alih-alih tertarik dengan pembahasan teknis dari Android 11, para peserta justru antusias untuk menanyakan perihal fitur-fitur yang bakal hadir di Android 12. Para developer itu pun memberikan gambaran sejumlah fitur yang dimaksud. Beberapa di antaranya yakni:

Scrolling Screenshot

Fitur scrolling screenshot ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tangkapan untuk seluruh layar secara penuh, dengan menggeser ke bagian yang tidak nampak di layar. Pada awalnya, fitur scrolling screenshot ini bakal dihadirkan di Android 11. Namun pernyataan dari pihak Google mematahkan rumor tersebut. Pihaknya belum bisa merilis fitur itu untuk Android 11 karena proses pengembangannya belum selesai.

Nantinya fitur Scrolling Screenshot bakal dihadirkan dalam bentuk API, sehingga bisa diintegrasikan dengan aplikasi apapun yang tentunya akan semakin memudahkan para pengembang aplikasi untuk menerapkan fitur itu di aplikasi buatan mereka.

Sebenarnya, fitur semacam ini sudah ditawarkan oleh Samsung dan OnePlus sejak lama, namun entah apa alasannya hingga Google baru sekarang ini memikirkan teknologi ini.

Cloud Backup

Fitur Google Cloud Backup yang ada di ponsel Android selama ini memang sudah cukup baik, namun rupanya Google menyebut masih ada ruang untuk melakukan peningkatan yang lebih baik. Tentunya fitur ini pun juga menjadi fokus dalam pengembangan untuk Android 12.

Saat ini fitur Cloud Backup yang ada memiliki batasan sebesar 256 MB untuk menampung data-data aplikasi. Namun bagi Google, sejumlah pengguna membutuhkan space yang lebih besar lagi. 

Background App Killing

Selama beberapa tahun belakangan, banyak yang memperdebatkan cara pengembang aplikasi yang menggunakan sistem sendiri yang secara agresif mematikan aplikasi lain yang sedang berjalan, dengan alasan untuk penghematan baterai. 

Di Android 11 sendiri masalah ini sudah mendapatkan perhatian, salah satunya dengan adanya pengguna API khusus yang bisa menjelaskan alasan mematikan aplikasi lain yang sedang berjalan. Hal ini masih dianggap langkah kecil oleh Google, dan bakal mendapatkan perhatian lebih banyak untuk dihadirkan di Android 12.

Gesture Navigation

Fitur navigasi menggunakan gerakan ini sudah diperkenalkan pada Android 10. Namun bagi Google fitur ini masih perlu mendapatkan banyak perbaikan, karena banyak pengguna yang mengeluhkan fitur ini terlalu aneh dan kurang tepat. 

Google bakal mengatur kembali tombol-tombol menu yang memungkinkan fitur navigasi gerakan ini tidak mengalami konflik dengan tombol yang disediakan oleh aplikasi lainnya. Jadi setidaknya Google memahami jika fitur ini masih jauh dari kata sempurna dan sedang melakukan perbaikan secara mendalam.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend