Bug Windows 10 Media Creation Tool

Bug Windows 10, Media Creation Tool Tak Bisa Simpan File Pribadi Pengguna

NESABAMEDIA.COMMelakukan pemasangan ulang atau re-instal sistem operasi Windows 10, menjadi solusi terakhir dan cara paling mudah untuk membereskan bug dan masalah yang ada pada perangkat. Microsoft pun menyediakan Media Creation Tool untuk semakin memudahkan proses pemasangan ulang sistem operasi itu.

Ketika pengguna memulai proses pemasangan ulang menggunakan Media Creation Tool, Microsoft akan secara otomatis mengganti file sistem operasi yang ada saat itu, dengan file yang lebih fresh dan baru. Cara ini bisa memudahkan dalam mengatasi masalah yang ada pada Windows 10, aplikasi dan fitur yang rusak, hingga masalah saat melakukan pembaruan.

Ditambah lagi kelebihan lainnya dari Media Creation Tool ini adalah, file pengguna yang sudah tersimpan di perangkat yang hendak di pasang ulang, tidak akan tersentuh oleh sistem. Pengaturan dan kustomisasi yang sudah dilakukan pengguna tidak akan mengalami perubahan. Bahkan aplikasi yang sudah ada dan data-datanya akan tetap tidak tergantikan.

Akan tetapi, setelah dirilisnya pembaruan Windows 10 20H2 Oktober 2020, kemampuan untuk menyimpan data dan file pengguna ini tidak lagi memungkinkan untuk dilakukan. Sebuah bug pada paket pembaruan Windows 10, telah mematikan dua fitur utama dalam hal ini. Yakni fitur untuk menyimpan file personal dan file aplikasi personal.

Bug Windows 10 Pemasangan Ulang File Pribadi Tidak Tersimpan

Bug Windows 10 Pemasangan Ulang File Pribadi Tidak Tersimpan

Dengan kata lain, pengguna hanya bisa memilih opsi ‘Nothing’ saat melakukan pemasangan ulang. Di mana pengguna tak lagi bisa menyimpan file pribadi mereka, ketika melakukan pemasangan ulang Windows 10 menggunakan Media Creation Tool.

Perlu dicatat bahwa, mungkin saja Media Creation Tool bisa bekerja seperti yang diharapkan saat meningkatkan versi dari Windows 10 2004. Namun begitu pengguna telah memasang pembaruan Windows 10 20H2 melalui halaman pembaruan Windows (enablement package), maka pengguna akan dipaksa untuk memilih opsi ‘Nothing’ saat berada di dialog pilihan penyimpanan file pribadi.

Untungnya, masih ada cara untuk memperbaiki bug tersebut. Yang harus dilakukan pengguna adalah:

  • Buka halaman pembaruan Windows di Settings
  • Pilih Update History (riwayat pembaruan)
  • Pilih Uninstall Update (copot pembaruan)
  • Dalam halaman Control Panel, cari KB4562830
  • Kemudian copot pembaruan versi tersebut
  • Lakukan restart perangkat

Buka kembali program Media Creation Tool, dan bisa dipastikan opsi untuk menyimpan file pribadi bisa untuk dipilih lagi. 

Pihak Microsoft telah mengetahui bug ini, dan menjanjikan adanya perbaikan pada jadwal pembaruan Patch Tuesday di bulan Desember.

Leave a Reply

Send this to a friend