Microsoft Windows 10 OpenCL OpenGL Paket Kompatibilitas

Windows 10 Dapatkan Paket Dukungan Khusus Untuk Aplikasi OpenCL dan OpenGL

NESABAMEDIA.COMPada awal tahun ini, Microsoft mengumumkan bahwa pihaknya tengah berupaya menghadirkan dukungan untuk lapisan pemetaan OpenCL dan OpenGL di Direct3D 12 (D3D12) untuk sistem operasi Windows 10. Untuk mengaktifkan lapisan pemetaan tersebut dan mengatasi adanya masalah kompatibilitas saat driver hardware OpenCL dan OpenGL tidak ditemukan dalam perangkat pengguna, Microsoft kini telah menyediakan paket kompatibilitas melalui Microsoft Store.

Paket kompatibilitas itu diberi nama “OpenGL and OpenCL Compatibility Pack”, dan saat ini sudah tersedia untuk diunduh dan dipasang di perangkat pengguna dari Microsoft Store, yang sebelumnya bernama Windows Store.

Sebagai catatan, paket kompatibilitas itu hanya ditujukan untuk Windows 10 versi 2004 (Mei 2020), Windows 10 Oktober 2020 (20H2) atau versi terbaru. 

Dalam penjelasan produk tersebut, Microsoft menginformasikan bahwa paket kompatibilitas ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi berbasis OpenCL dan OpenGL di perangkat yang tidak memiliki atau driver hardware-nya tidak ditemukan, serta tidak diaktifkan secara default.

Microsoft menambahkan bahwa Windows 10 akan secara otomatis menjalankan aplikasi yang didukung dengan fitur hardware acceleration yang diaktifkan sebelumnya, guna meningkatkan performa.

Namun fitur ini hanya bisa bekerja jika perangkat dan aplikasi mendukung DirectX 12

Perlu diperhatikan juga bahwa hanya aplikasi tertentu saja yang bisa menggunakan paket kompatibilitas ini. Namun Microsoft mengabarkan bahwa dalam waktu dekat akan merilis paket bundel yang bisa mendukung lebih banyak aplikasi lagi kedepannya. Pengguna yang tergabung dalam Windows Insider bisa mendapatkan versi pratinjau ini lebih awal.

Pihak Microsoft berharap bahwa lapisan kompatibilitas ini bisa menjadikan segalanya jauh lebih mudah, baik untuk para pengembang maupun pengguna biasa. Saat ini, tidak banyak perangkat Windows yang memiliki dukungan asli yang bagus untuk aplikasi berbasis OpenCL dan OpenGL. Keberadaan lapisan pemetaan ini akan meningkatkan kompatibilitas itu.

Paket kompatibilitas OpenCL dan OpenGL untuk Windows 10 ini juga mampu untuk mendukung produktivitas dan meningkatkan kreativitas pengguna, jadi tidak hanya sekedar bermanfaat untuk gaming saja.

Microsoft pun mendorong para pengembang aplikasi untuk segera mengintegrasikan aplikasi dan game mereka ke DirectX 12. 

Leave a Reply

Send this to a friend