Windows 11 Sukses Terpasang di Surface Duo

Windows 11 Sukses Terpasang di Surface Duo

NESABAMEDIA.COMAwal bulan ini, telah dilaporkan bahwa Microsoft akhirnya membawa pembaruan Android 11 ke perangkat smartphone layar ganda mereka, Surface Duo. Namun di saat build resmi itu sepertinya tertinggal dari rata-rata pasar seluler, tampaknya ada sebuah build tidak resmi yang justru lebih up to date dengan pasar PC. 

Seorang pengembang bernama Gustave Monce dari proyek utama Lumia WoA, membagikan sebuah gambar dari Surface Duo yang menjalankan Windows 11 berbasis sistem ARM64. Sebelumnya, Gustave juga telah berhasil memasang Windows 10 ke smartphone Lumia 950XL juga. Demikian pula, ia juga berhasil memporting Windows 11 ARM pada smartphone layar ganda. 

Tampaknya, proyek itu kini telah mendapatkan kemajuan ke tingkat lebih lanjut karena mampu menjalankan sistem Windows 11 ARM64 pada perangkat Surface Duo.

Sebagai informasi, Microsoft sendiri telah secara resmi mengakhiri dukungan untuk Windows 10 mobile, sehingga upaya pengembang WoA telah membantu model Lumia yang lebih lama untuk bisa mendapatkan pembaruan dan bahkan menyegarkan seluruh sistem operasi.

Pengembang tersebut merupakan grup independen yang telah mengerjakan banyak proyek Windows di ARM tidak resmi selama beberapa tahun terakhir. 

"<yoastmark

Perlu dicatat bahwa Surface Duo yang menjalankan Windows 11 ini kondisinya sekarang masih memiliki banyak sekali bug. Namun kabar menariknya tentu saja adalah kita telah mendapatkan Windows 11 yang berhasil berjalan di perangkat smartphone. Microsoft Surface Duo telah diluncurkan pada bulan September 2020, dan ini adalah perangkat smartphone layar ganda pertama perusahaan di seri Surface. 

Lebih lanjut, smartphone tersebut memiliki dua layar berukuran 5.6 inci dengan panel AMOLED yang disambungkan oleh sebuah engsel. Masing-masing layar itu memiliki resolusi 1800×1350 piksel.

Setelah terbuka, maka pengguna mendapatkan layar berukuran 8.1 inci dengan resolusi 2700×1800 piksel. Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 855.

Pada awalnya, fokus dari WoA adalah tertuju pada Windows 10, namun dengan diluncurkannya Windows 11, mereka kini juga mengerjakan sistem operasi baru tersebut. Dengan dibagikannya gambar proyek eksperimental Windows 11 di perangkat seluler, maka bisa diasumsikan bahwa proyek tersebut juga akan merambah ke perangkat lainnya dalam waktu dekat. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend