Pangsa Pasar iOS Tumbuh Signifikan, Namun Android Masih Mendominasi

Pangsa Pasar iOS Tumbuh Signifikan, Namun Android Masih Mendominasi

NESABAMEDIA.COMPersaingan iOS dan Android terus terjadi di antara para penggemar berat kedua platform tersebut. Android mampu berevolusi dengan cepat dari sebuah pengalaman yang sangat kurang, menjadi sistem operasi terlaris di industri smartphone. Setelah beberapa iterasi, Android mampu menjejakkan kakinya dan menjadi sistem operasi yang mendominasi. 

Mengingat jumlah kompetitor, memang itu bukanlah sebuah hal yang sulit dicapai, terlebih pesaing beratnya yakni iOS hanya tersedia untuk perangkat buatan Apple saja. Sementara Android tersedia di berbagai perangkat, dan berbagai brand. 

Sebelumnya ada Windows Phone, namun sistem operasi ini mengalami kegagalan. Ada beberapa sistem operasi lain yang mencoba peruntungannya di industri ini, seperti Harmony OS, Sailfish OS dan sebagainya, namun Android masih menjadi raja. Meski demikian, penelitian terbaru melaporkan bahwa iOS mulai mendapatkan popularitas.

Penelitian yang dilakukan oleh StockApps itu melaporkan bahwa iOS telah mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup besar, sejak empat tahun yang lalu, dan bahkan mengambil alih sebagian pangsa pasar Android. 

Pada tahun 2018 silam, Android buatan Google memiliki pangsa pasar sebesar 77,32%. Kini diperkirakan pangsa pasarnya menurun jadi 69,74% dari semua perangkat yang ada di dunia ini menjalankan Android. Itu adalah penurunan drastis sekitar 8% hanya dalam waktu empat tahun. Sementara, iOS telah tumbuh dari yang sebelumnya memiliki pangsa pasar 19,4% kini menjadi 25,49% untuk periode yang sama.

Ada beberapa alasan yang masuk akal atas peningkatan pangsa pasar iOS ini, namun faktor paling utama adalah karena meningkatkan jumlah penawaran perangkat Apple.

Hampir setiap tahun, Apple meluncurkan produk iPhone baru. Sebelumnya Apple hanya meluncurkan satu perangkat setiap tahun, namun kini itu berubah dengan mengirimkan 2 sampai 4 perangkat baru dalam setiap tahunnya.

Meski mengalami pertumbuhan yang cukup besar, namun hampir tidak mungkin bagi Apple untuk mengalahkan popularitas Android. Sistem operasi buatan Google ini bisa ditemukan di jutaan perangkat smartphone sampai tablet. Di masa mendatang, kemungkinan juga akan hadir untuk perangkat PC, karena mereka saat ini berupaya untuk bisa mengirimkan multitasking tingkat lanjut ke pengguna. 

Harga juga menjadi faktor pendorong popularitas Android, karena memiliki rentang harga yang lebih luas, dari yang harganya ratusan ribu, sampai puluhan juta rupiah. Sehingga berbagai kalangan bisa mendapatkan akses ke perangkat Android dengan lebih mudah.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend