Dalam Satu Bulan, Pengguna Harmony OS Huawei Tembus Angka 30 Juta

Dalam Satu Bulan, Ada 30 Juta Perangkat Sudah Gunakan Harmony OS

NESABAMEDIA.COMKarena sanksi dagang yang diberikan pemerintah Amerika Serikat, Huawei mengalami kemunduran cukup serius dan tidak ada tanda bahwa situasinya bisa membaik dalam waktu dekat.

Namun Huawei tetap optimis dan lewat upayanya berjuang untuk bisa mendapatkan tempat di pasar smartphone. Mereka kemudian mencoba menghadirkan sistem operasinya sendiri yakni, Harmony OS ke pasaran dengan waktu sesingkat mungkin. Mereka mengadopsi Android namun tanpa adanya Google Services dan mulai membangun jalan yang baru. 

Kini pihak Huawei melaporkan bahwa telah semakin banyak perangkat yang bermigrasi ke Harmony OS. Laporan terakhir menyebutkan bahwa lebih dari 30 juta perangkat sudah menjalankan sistem operasi Harmony OS buatan Huawei itu. Perlu dicatat, bahwa Huawei menargetkan sebanyak 300 juta perangkat yang akan menggunakan Harmony OS sampai dengan akhir tahun ini. Apalagi, sepertiganya harus dari perusahaan pihak ketiga. 

Ada tanda-tanda bahwa rencana Huawei itu bakal bisa terpenuhi, namun dengan mengorbankan perangkat yang tersedia di pasar Cina. Huawei masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar perangkat dengan Harmony OS mulai muncul lebih banyak di luar pasar Cina. 

Sama pentingnya bagi Huawei untuk bisa membuktikan bahwa mereka memang telah menciptakan sebuah sistem operasi yang baru. Pada tahap ini, banyak pihak yang masih berpikir bahwa Harmony OS merupakan upaya Huawei menggabungkan Android dengan HMS, dan meminjam beberapa fitur dari iOS. Harmony OS dianggap hanya sebagai sistem operasi sementara, untuk menyelamatkan Huawei dari badai yang sedang menerjang.

Sampai saat ini, tidak ada tanda bahwa Harmony OS bisa menjadi sistem operasi yang lebih baik dari Android, namun di masa depan, semuanya mungkin bisa saja berubah. 

Huawei juga harus bisa memberikan Harmony OS sebuah kekuatan, termasuk fitur dan pengalaman yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna. Mengingat target mereka yang menjadikan Harmony OS harus terpasang di 300 juta perangkat smartphone pada akhir tahun ini, bukanlah sebuah target yang sepele. Apalagi kompetisi juga semakin ketat, di kala pabrikan lain juga berupaya menghadirkan sistem operasi buatan mereka sendiri ke pasaran.

Leave a Reply

Send this to a friend