Microsoft Luncurkan Windows 365, Layanan Apa Itu

Microsoft Luncurkan Windows 365, Layanan Apa Itu?

NESABAMEDIA.COMUntuk mewujudkan visinya tentang Windows yang bisa tersedia di semua jenis perangkat, Microsoft telah meluncurkan Windows 365, sebuah layanan baru yang akan menjadikan Windows 10 yang ada saat ini dan Windows 11 yang akan datang dalam bentuk streaming melalui browser web. Layanan ini pada umumnya dikenal dengan Cloud Computing atau komputasi awan. 

Microsoft bertaruh cukup banyak pada Windows 365 untuk menjadikan Stay at Home Economy atau usaha rumahan lebih efisien dalam hal bisnis. Ini karena fakta bahwa layanan baru itu akan bisa diakses oleh pelanggan mulai tanggal 2 Agustus 2021 dengan berbagai opsi berlangganan. 

Dalam sebuah postingan di blognya, Wangui McKelevy, General Manager Microsoft menyatakan bahwa Windows 365 memberikan pengalaman booting secara instan. Ini memungkinkan para pekerja kantoran untuk bisa menggunakan Windows di perangkat apapun yang mendukung web browser karena adanya fitur booting cepat itu tadi. 

Terlepas dari kenyataan bahwa versi cloud Windows 10 atau 11 ini akan memiliki performa terbaik di perangkat PC, Microsoft juga mengandalkan Windows 365 untuk bisa menjangkau perangkat Mac, iPad dan perangkat berbasis Linux, serta bahkan perangkat Android. 

Windows 365 akan bisa diakses melalui beragam jenis web browser, yang juga tidak diragukan lagi akan menyertakan Microsoft Edge dan Google Chrome, di antara opsi tersebut. Aplikasi Remote Desktop Microsoft juga akan bisa terintegrasi dengan layanan tersebut.

Keuntungan paling signifikan dari menggunakan layanan semacam ini adalah, orang-orang bisa melanjutkan pekerjaan mereka sebelumnya di mana saja. Tidak masalah perangkat apa yang digunakan, karena sistem operasi tidak bergantung pada layanan itu, dan setiap tindakan terkait Windows, terjadi di server Microsoft. 

Windows 365 menyediakan pengguna akses ke semua aplikasi, pengaturan, dan peralatan yang ada di versi standar Windows. Para pekerja bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti PowerPoint, Excel, Word dan browser Microsoft Edge di komputer pribadi atau komputer milik perusahaan. Akan ada juga pilihan untuk mengunduh dan memasang aplikasi dari internet melalui Microsoft Store. 

Mengingat bahwa dasar pembuatan Windows 365 itu adalah ditujukan untuk para pekerja, Microsoft juga menyediakan dukungan untuk beberapa produk seperti Microsoft Dynamics 365 dan Microsoft Power Platform. 

Untuk jenis perangkat yang mampu mendukung layanan tersebut, ada beberapa persyaratan perangkat keras minimal. Setidaknya memiliki prosesor single core, RAM 2GB, dan penyimpanan 64GB. 

Leave a Reply

Send this to a friend