Windows dan Android Bersaing Ketat Jadi Sistem Operasi Paling Populer

Windows dan Android Bersaing Ketat Jadi Sistem Operasi Paling Populer

NESABAMEDIA.COMMungkin kita sudah begitu familiar dengan konsep dari sebuah sistem operasi. Selama bertahun-tahun telah kita lihat banyak sekali perusahaan teknologi yang hadir dengan OS buatan sendiri, yang dibuat secara khusus untuk perangkat mereka. Tentu saja, ini pada akhirnya akan melahirkan kompetisi dan menghasilkan beragam statistik yang berbeda. 

Pengguna memakai sistem operasi tersebut dengan beragam platform yang berbeda, seperti perangkat desktop, tablet dan juga smartphone. Untuk platform desktop, ada sistem operasi Windows yang memiliki jumlah pengguna paling besar yakni sebanyak 75,89 persen dari seluruh aktivitas pengguna yang ada, diikuti kemudian dengan OS X sebesar 16,74 persen, dan kemudian ada juga Chrome sebesar 1.99 persen yang bersaing ketat dengan Linux sebesar 1,98 persen. 

Di perangkat tablet, didominasi oleh iOS yang memiliki jumlah pengguna sebanyak 56,32 persen, lalu Android sebesar 43,56 persen. Windows sendiri di perangkat tablet hanya memiliki pengguna sebanyak 0,09 persen, sedikit lebih banyak daripada Linux yang sebesar 0,03. 

Sementara untuk perangkat smartphone, Android menjadi rajanya dengan jumlah pengguna sebanyak 71,9 persen, diikuti dengan iOS sebesar 27,33 persen, lalu Samsung sebesar 0,39 persen dan Linux di urutan terakhir dengan jumlah pengguna sebesar 0,02 persen. 

Secara khusus untuk sistem operasi Windows, Windows 10 menjadi paling unggul dengan memiliki sekitar 77,65 persen jumlah pengguna. Kemudian diikuti oleh Windows 7 di urutan kedua dengan jumlah pengguna sebesar 16,55 persen. Windows 8.1 sebesar 3,66 persen dan Windows Vista sebesar 0,29 persen. 

"<yoastmark

Secara keseluruhan jumlah pengguna antar platform pada tahun 2021, Android adalah yang paling mendominasi dengan jumlah pangsa pasar sebesar 40,39 persen, Windows sebesar 32,34 persen, kemudian di urutan berikutnya ada iOS dan OS X. 

Dari data yang dipublikasikan oleh Statcounter tersebut, antara Android dan Windows diketahui memiliki demand yang sangat tinggi dengan jumlah yang sangat bersaing satu sama lain. Meski selisihnya cukup jauh, iOS dan OS X terus membayangi kedua sistem operasi tersebut. 

Leave a Reply

Send this to a friend