Perangkat Google Chrome OS Ungguli macOS

Chrome OS Geser Posisi macOS di Posisi Kedua Sistem Operasi Populer

NESABAMEDIA.COMPersaingan untuk bisa menjadi jawara dalam pasar sistem operasi desktop akan semakin seru. Kompetisi itu terlihat semakin keras di saat penantang utama justru dikalahkan oleh sistem operasi yang baru saja muncul. Yang dibicarakan kali ini adalah sistem operasi Chrome milik Google yang mampu menggeser macOS milik Apple yang menempati posisi kedua, dari sistem operasi paling banyak digunakan di seluruh dunia. 

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh IDC, Chrome OS berhasil memanjat ke peringkat kedua sebagai sistem operasi paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ini merupakan laporan selama kurun waktu 2020 secara global. Chrome meraih persentase sebesar 10,8 persen yang naik dari 6,4 persen sebelumnya pada tahun 2019. Sementara macOS berada di posisi 7,5 persen yang naik dari 6,5 persen di tahun sebelumnya.

Tentu saja, Windows 10 buatan Microsoft tetap menjadi sang jawara dengan raihan total pangsa pasar mencapai 80,5 persen. Meski demikian nilai ini mengalami penurunan dari sebelumnya 85,4 persen di tahun 2019. Sementara itu, sistem operasi lainnya seperti Linux berada di kisaran 1,2 persen. 

Data Statistik Chrome vs macOS

Data Statistik Chrome vs macOS

Secara umum, sebenarnya tidak terlalu banyak perangkat berbasis Chrome OS dalam beberapa waktu terakhir. Meski tidak banyak opsi yang bisa dipertimbangkan, salah satu alasan kenapa Chrome OS mengalami kenaikan itu karena Google berfokus pada kebutuhan pendidikan dan para pelanggan bisnis. 

Untuk alasan tersebut, Google pun bekerjasama dengan Parallels Desktop untuk bisa menghadirkan aplikasi Windows ke Chromebooks yang diutamakan untuk pelanggan bisnis, yang diharapkan bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Google juga menawarkan perangkat Chromebooks dengan harga murah dengan sistem operasi yang ringan, daya baterai yang lebih lama, layanan Google dan fokus pada penggunaan PWA sebagai penyempurnanya. Khususnya untuk mereka yang mencari perangkat lebih murah namun dengan penawaran yang tidak jauh berbeda dengan perangkat laptop Windows. 

Banyak sekolah yang melakukan kegiatan belajar secara online dan semakin banyak pula orang-orang yang bekerja dari rumah, mampu meningkatkan penjualan PC secara signifikan mulai awal tahun 2020 lalu. Jadi data diatas menunjukkan bahwa Google mampu memanfaatkan momentum tersebut dengan baik.

One Response

Leave a Reply

Send this to a friend