Apa itu Modem Internal

Apa itu Modem Internal? Mengenal Pengertian Modem Internal

Internet telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Internet memang memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaatnya adalah kita bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain dengan adanya internet. Bahkan meskipun orang tersebut berada di tempat yang sangat jauh. Jika Anda ingin memanfaatkan internet, maka Anda memerlukan beberapa perangkat.

Perangkat yang Anda gunakan tergantung kebutuhan Anda. Selain itu, pemilihan jaringan internet pun juga beragam. Anda bisa menggunakan Wi-Fi dan modem. Modem sebenarnya merupakan akronim dari modulator dan demodulator.

Modulator berfungsi mengubah sinyal informasi ke sinyal pembawa dan selanjutnya siap dikirimkan. Sementara demodulator berfungsi memisahkan sinyal yang berisi data, suara, teks, audio, video, dan lain sebagainya dengan sinyal pembawa sehingga bisa diterima.

Terdapat dua jenis modem yang saat ini digunakan yaitu modem internal dan modem eksternal. Kedua jenis modem ini akan ulas pada penjelasan berikut.

Pengertian Modem Internal

Pengertian Modem Internal

Modem internal merupakan jenis modem yang letaknya berada di papan ekspansi yang tersambung ke motherboard. Itu artinya, modem internal harus tersambung ke motherboard agar bisa digunakan. Modem ini tidak dilengkapi lampu untuk memberi tahu pengguna mengenai fungsi dan kondisinya. Maka dari itu, pengguna harus memanfaatkan software di dalam komputer agar bisa mengetahui seperti apa kondisi dari modem internal tersebut.

Namun dari segi fungsi memang modem ini tidak jauh berbeda dengan modem ekternal yaitu mengubah sinyal digital menjadi analog. Tujuan modem mengubah sinyal adalah untuk membuat komputer memahami tentang informasi yang diberikan.

Kelebihan Modem Internal

Lalu apa kelebihan dari modem internal? Salah satu kelebihan dari modem ini dan membuat banyak orang masih menggunakannya adalah karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan modem ekternal. Selain itu, modem yang satu ini ketika dipasang juga tidak membutuhkan banyak tempat. Dengan begitu, Anda tidak harus mengatur tempat untuk meletakkan modem tersebut.

Perbedaan Modem Internal dan Eksternal

Jika Anda sudah memahami pengertian dan kelebihan dari modem internal, maka penjelasan selanjutnya adalah berhubungan dengan apa saja yang menjadi perbedaan antara modem internal dan eksternal. Untuk modem internal, jenis modem ini tidak dilengkapi dengan lampu sehingga untuk mengecek kondisinya Anda memerlukan software yang ada di dalam komputer. Sementara itu, modem eksternal adalah jenis modem yang ada di luar komputer.

Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu sehingga Anda bisa mengetahui status dari modem tersebut apakah sudah terhubung ke jaringan atau belum. Selanjutnya, modem internal tidak memerlukan banyak tempat karena Anda cukup memasukkan atau memasangnya di motherboard. Sementara itu, modem eksternal memerlukan ruang karena selain dipasang di luar, modem ini juga membutuhkan ruang USB.

Leave a Reply

Send this to a friend