Pembaruan Microsoft Windows 10 Versi 21H1

Ingin Mencicipi Pembaruan Windows 10 21H1 Lebih Dulu? Begini Caranya

NESABAMEDIA.COMMungkin saat ini sudah banyak pengguna Windows 10 yang ingin segera mencoba atau mencicipi apa yang ditawarkan oleh pembaruan utama 21H1 yang hadir beberapa bulan lagi. Tentunya untuk bisa mencoba lebih awal dari pembaruan Windows 10 21H1 ini, ada beberapa resiko yang perlu dipahami, karena statusnya yang masih dalam tahap beta. Paling buruk adalah, perangkat akan mengalami kerusakan hingga tidak bisa digunakan lagi sama sekali.

Sebelum memutuskan untuk memulai, penting sekali untuk melakukan pencadangan dari sistem perangkat untuk jaga-jaga. Bisa saja pencadangan dilakukan dengan memindahkan file-file sistem dan yang penting lainnya di drive eksternal atau melakukan cloning dari seluruh file yang ada di perangkat. 

Setelah selesai melakukan pencadangan atau backup, daftar ke program Windows Insider. Caranya dengan mengakses halaman Settings → Update & Security → Windows Insider Program. Proses tersebut hanya memakan waktu beberapa menit dan beberapa klik saja, dan pastikan yang dipilih adalah Beta Channel. 

Program Windows Insider Beta Channel

Program Windows Insider Beta Channel

Berikutnya, ketika menjalankan Windows Update nanti akan muncul sebuah dialog khusus yang bertuliskan Windows 10 21H1. Pembaruan tersebut tidak akan terpasang secara otomatis, dan pengguna diharuskan mengklik dialog tersebut untuk melakukan unduhan dan pemasangan. 

Tampilan Dialog Pembaruan Windows 10 21H1

Tampilan Dialog Pembaruan Windows 10 21H1

Pengguna bisa klik pada bagian ‘See what’s in this update’ untuk mengetahui apa saja yang baru atau ditingkatkan dengan pembaruan tersebut. Namun karena masih dalam versi beta, daftar perubahan itu tidak akan bisa diakses untuk sementara waktu. Tapi Nesabamedia.com sudah meringkas beberapa hal yang baru dan yang ditingkatkan pada Windows 10 21H1 itu seperti berikut ini:

  • Dukungan multi-camera di Windows Hello
  • Peningkatan pada aplikasi Windows Defender, termasuk optimalisasi keamanan dokumen
  • Peningkatan performa pada Windows Management Instrumentation Group Policy Service, untuk bisa mendukung penggunaan secara jarak jauh

Tidak banyak sebenarnya peningkatan dan pembaruan yang hadir pada Windows 10 21H1, karena disebutkan sebelumnya jika pembaruan itu hanya berupa pembaruan minor. Pembaruan dengan banyak tambahan fitur baru akan dihadirkan pada pembaruan Windows 10 21H2. Meski demikian, setidaknya pengguna bisa lebih familiar dengan pembaruan Windows 10 21H1 lebih cepat dibandingkan pengguna lainnya. 

Dengan bergabung di Beta Channel, nantinya pengguna akan lebih sering mendapatkan pembaruan yang masih dalam status pengembangan terlebih dahulu. Jika dirasa banyaknya pembaruan itu mengganggu, pengguna bisa mengakses halaman Windows Update dan kemudian memilih opsi ‘Stop getting preview builds’. Kemudian beralih ke Release Preview.

Meski hal itu tidak akan mengeluarkan pengguna dari program Windows Insider, namun setidaknya pengguna hanya akan mendapatkan pembaruan yang lebih stabil dibanding sebelumnya.

Leave a Reply

Send this to a friend