Ulang Tahun Ke 10 Chrome OS Google Chromebook

Rayakan 10 Tahun Chrome OS, Google Bawa Fitur Baru dan Peningkatan

NESABAMEDIA.COMGoogle telah merilis Chrome OS pada satu dekade yang lalu, dengan sebuah perangkat yang harga yang mungkin tidak akan terjangkau bernama CR48. Namun kini, banyak orang sudah bisa mendapatkan laptop berbasis Chrome OS dari beragam pabrikan dengan harga yang murah, dan bahkan menjualnya lebih baik ketimbang komputer Apple. Kini, Google merayakan 10 tahun usia Chrome OS dengan merilis versi 89. 

Versi ulang tahun dari Chrome OS itu, Google merilis beberapa fitur baru seperti Phone Hub, Pengelola Clipboard, peningkatan pada desktop virtual dan banyak lagi lainnya. 

Google mendesain Chrome OS agar hampir seluruhnya berbasis di sekitar browser. Itu artinya, tidak ada aplikasi yang tersedia selain dari ekstensi Chrome. Google telah memperluas Chrome OS agar bisa mendukung aplikasi Android dan Linux, namun browser masih menjadi prioritas utama. Chrome OS telah berkembang dengan baik bersama browser Chrome, memastikan bahwa semua perangkat Chromebook dan Chromebox yang didukung memiliki sistem keamanan yang diperbarui setiap saat. 

Sifat dari Chrome OS ini juga berbasis Cloud, yang juga berarti pengguna tidak perlu khawatir lagi kehilangan pengaturan atau pemuatan software saat berpindah perangkat. Setelah masuk, Chrome OS akan menyiapkan semua data pengguna secara otomatis. Namun, Chrome OS bisa terasa sangat tertutup untuk OS yang berbasis di sekitar browser Chome. Chrome 89 akan mengatasinya dengan beberapa tambahan yang berguna untuk pemilik smartphone Android. 

Pada Chrome 89, akan tersedia sebuah fitur Phone Hub baru yang bisa diakses melalui tombol yang ada di bagian antarmuka semacam rak, yang berada di samping kanan aplikasi jam. Pop-up akan muncul dan memungkinkan pengguna untuk mencoba terhubung dengan perangkat smartphone, menemukannya, mengaktifkan alarm, dan bahkan mengaktifkan fitur hotspot untuk berbagi jaringan dengan perangkat Chromebook. Fitur itu juga bisa menampilkan tab yang baru saja dibuka di Chrome. 

Chrome OS juga akan mendapatkan fitur Nearby, meski saat ini masih belum dirilis ke publik. Fitur Nearby, yang juga baru saja menjalani debut di perangkat smartphone Android baru-baru ini, mirip dengan fitur AirDrop milik Apple. Begitu diaktifkan di Chromebook, pengguna bisa menggunakan Bluetooth atau jaringan Wi-Fi untuk berbagi file dan tautan lebih mudah, termasuk juga berbagi tangkapan layar. Lalu ada pengelola clipboard yang baru, yang memungkinkan pengguna menyimpan lima item terbaru dan menempelkannya tanpa harus berpindah jendela aplikasi. 

Terakhir, Google juga telah merilis peningkatan pada fitur Desks di Chrome, yang juga memiliki nama lain desktop virtual. Dalam versi yang baru ini, Chrome akan memulihkan jendela yang sebelumnya terbuka di Desks ke posisi sebelumnya setelah melakukan restart perangkat. 

Leave a Reply

Send this to a friend