Perangkat Laptop Google Chromebook

Chromebook Catatkan Rekor Penjualan, Perangkat Windows 10 Kini Waspada

NESABAMEDIA.COMSistem operasi milik Microsoft, yakni Windows 10 mungkin masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Namun di sisi lain, perangkat Chromebook buatan Google kini tengah mengalami kenaikan popularitas, dengan peningkatan yang cukup tajam. 

Windows 10 masih menjadi jawara jika melihat jumlah penggunanya saat ini, dengan besarnya permintaan dari pasar jika dibandingkan dengan para rivalnya. Dari laporan terbaru, disebutkan bahwa Windows 10 telah terpasang di lebih dari 70 persen perangkat PC yang ada di Dunia. Hal ini menunjukan betapa dominannya sistem operasi buatan Microsoft tersebut. 

Akan tetapi perusahaan asal Redmond itu mungkin tidak ingin berpuas diri dengan Chromebook yang pada tahun ini juga tengah mengalami tahun terbaiknya. 

Canalys, yang merupakan perusahaan riset internasional menyebutkan perangkat Chromebook pada tahun 2020 lalu, mengalami peningkatan sangat drastis yakni mencapai 287 persen, dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2019 lalu. Hal ini sangat mengesankan, karena berarti jumlah pembeli laptop super terjangkau itu diperkirakan mencapai lebih dari 30 juta unit selama kurun waktu 2020. 

Jelas ada sejumlah alasan mengapa semuanya begitu baik dan mendukung untuk Chromebook di tengah krisis kesehatan akibat wabah pandemi saat ini. Salah satunya adalah kebijakan untuk Work from Home dan juga kegiatan belajar-mengajar yang diharuskan dilakukan di rumah. Pada akhirnya, banyak orang berusaha untuk bisa tetap terhubung untuk bekerja, belajar atau sekedar menghubungi kolega. 

Dengan peningkatan pasar seperti itu, Chromebook hadir menawarkan perangkat laptop alternatif dari Windows 10 dengan harga yang jauh lebih murah. 

“Permintaan perangkat Chromebook sampai melampaui atap rumah. Dengan banyak negara yang terpaksa mengeluarkan kebijakan lockdown, sehingga para pekerja hingga pelajar membutuhkan solusi untuk itu dan Google menawarkan platform yang sangat menarik,” kata peneliti Canalys

Tentu saja tidak hanya Chromebook yang mengalami peningkatan penjualan, tetapi juga ada nama perangkat buatan Apple, yakni Mac. Apple mengklaim bahwa untuk tahun 2020, mereka berhasil mencatatkan pendapatan hingga USD20 miliar yang merupakan rekor bagi perusahaan itu. Pihak Apple mengatakan bahwa perusahaan melihat respon yang sangat baik dari para pelanggan dengan kehadiran MacBook Air. Mereka pun akan meluncurkan beberapa produk baru lagi untuk tahun ini.

Leave a Reply

Send this to a friend