Acer Chromebook Windows 10

Aplikasi Windows 10 Kini Bisa Digunakan di Chromebook berkat PDCE

NESABAMEDIA.COMPerangkat Chromebook kini sudah bisa menjalankan sistem operasi Windows 10 buatan Microsoft. Namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dan dipenuhi pengguna. Fitur integrasi Chromebooks dengan Windows 10 ini, hanya ditujukan untuk menunjang aktivitas bisnis. Hal ini berarti hanya pengguna yang berasal dari perusahaan atau lembaga yang bisa menggunakannya, bukan pengguna personal. 

Rencana Google untuk mendatangkan software berbasis Windows 10 ke Chrome OS sudah mereka umumkan sejak awal tahun ini. Untuk mewujudkannya, Google diketahui bekerja sama dengan Parallels, sebuah perusahaan yang namanya cukup terkenal di bidang emulasi mesin virtual. 

Parallels Desktop for Chromebook Enterprise (PDCE) merupakan software yang akan menawarkan para pengguna Chromebook untuk mengakses aplikasi berbasis Windows 10. Harganya dibanderol sebesar USD69.95 atau sekitar Rp1 jutaan untuk lisensi satu pengguna. 

PDCE mampu menjalankan aplikasi berbasis Windows 10 secara penuh di Chrome OS, sehingga pengguna bisa mendapatkan dua pengalaman terbaik dari Chrome OS dan Windows 10 secara bersamaan. 

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa PDCE hanya tersedia untuk pengguna jenis perusahaan atau lembaga. Pengguna yang mendapatkan Chromebook dari perusahaan tempat mereka bekerja, memiliki kesempatan untuk menjadi yang pertama mencicipi Parallels Desktop. 

Sementara pengaturan bagian admin, bisa dilakukan oleh tim IT perusahaan dengan menggunakan Google Console Admin Suite untuk mengaktifkan Parallels Desktop di perangkat berbasis Chrome OS yang kompatibel. Dibutuhkan juga lisensi Windows 10 aktif untuk bisa menggunakannya.

Pengguna Chromebook pun kini sudah bisa menjalankan versi full dari sejumlah aplikasi Windows yang populer seperti Word, Excel, Power Point dan sebagainya. Pengguna juga bisa mengakses Windows Desktop, dokumen, file unduhan, dan folder kustom dari file berbasis Chrome OS. Terlebih, untuk menjalankan software ini tidak membutuhkan jaringan internet karena bisa dijalankan secara offline. 

Fitur menarik lain yang ditawarkan oleh PDCE adalah fitur Shared Clipboard. Artinya, pengguna bisa dengan leluasa melakukan copy-paste konten antara mesin virtual Windows dengan Chrome OS. Termasuk juga melakukan print dari perangkat printer yang support Windows. 

Adapun spesifikasi perangkat yang dibutuhkan minimal adalah menggunakan prosesor Intel Core i5 atau i7, RAM 16GB, kapasitas penyimpanan sebesar 165GB dan Chrome OS versi 85 ke atas. 

Leave a Reply

Send this to a friend