Fitur Baru Youtube Pengguna Bisa Berbagi Potongan Video Berdurasi Pendek

Fitur Baru Youtube Pengguna Bisa Berbagi Potongan Video Berdurasi Pendek

NESABAMEDIA.COMYoutube selalu berusaha menghadirkan fitur-fitur baru, beberapa muncul dan jadi kontroversi. Baru-baru ini, mereka melakukan eksperimen sebuah fitur untuk bisa membagikan video dalam durasi pendek, atau klip yang berulang dari video berdurasi panjang. Para kreator dan pengguna Youtube telah lama menunggu kehadiran fitur semacam ini.

Youtube dikabarkan telah melakukan uji coba, namun hanya terbatas untuk beberapa kreator yang terpilih. Sehingga para kreator yang terpilih itu bisa mencoba fitur tersebut lebih dulu dibanding pengguna atau kreator pada umumnya. Google juga memberikan contoh video yang bisa dibagikan dalam bentuk potongan video pendek itu.

Jika anda melihat adanya sebuah tombol untuk membuat klip di video yang mendukung fitur tersebut, anda bisa menemukan pilihan untuk like, dislike atau mengunduh video tersebut. Anda juga bisa mengklik untuk memotong video itu menjadi berdurasi 5 atau 60 detik saja. Saat memilih untuk membagikan, nantinya juga akan muncul menu untuk membuat klip berulang. Dari situ, pengguna lain bisa melihat video yang sudah dipotong, atau juga memilih untuk menonton video secara penuh. 

Fitur pemotongan video itu telah tersedia baik untuk Youtube versi aplikasi Android maupun versi website desktop. Simak video di akhir artikel untuk mencoba bagaimana fitur tersebut bekerja, sehingga anda bisa tahu lebih dalam tentang detail fitur baru tersebut dan mencobanya. 

Meski sudah tersedia, namun pengujian masih terus dilakukan oleh pihak Youtube, sehingga bisa dipastikan akan ada perubahan dan peningkatan agar fitur itu benar-benar bisa memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, setelah benar-benar dirilis secara penuh ke publik. 

Pengguna yang paling merasa senang atas kehadiran fitur ini adalah para kreator dan penonton video jenis gaming. Karena terkadang mereka merasa kesulitan untuk membagikan potongan momen di dalam game yang menarik yang sedang mereka mainkan.

Selain itu, diperkirakan pihak Youtube juga akan mempertimbangkan soal monetisasi di dalam video. Sebab selama ini banyak kreator yang mengeluh mendapat penalti akibat dari algoritma Youtube yang disebabkan penonton tidak melihat secara penuh video yang mereka publish. 

Leave a Reply

Send this to a friend