Fitur Sharing Account Netflix Dibatasi

Rugi Jutaan Dollar, Netflix Akan Batasi Fitur Sharing Account

NESABAMEDIA.COMNetflix mulai menguji coba sebuah fitur baru. Sepertinya fitur baru ini akan menjadi kabar yang kurang menyenangkan untuk para pengguna layanan streaming film tersebut. Pasalnya, fitur baru Netflix Sharing Account itu bertujuan untuk mencegah adanya tindakan berbagi akun dengan pihak lain selain keluarga. 

Beberapa pengguna melaporkan bahwa setelah masuk ke dalam akun, mereka mendapati sebuah layar khusus yang meminta pengiriman kode otorisasi ke perangkat smartphone atau alamat email yang telah dihubungkan ke akun. Ini artinya, pengguna Netflix tidak lagi bisa sharing account atau berbagi akun dengan teman atau rekan mereka lainnya. 

Pihak Netflix menegaskan bahwa fitur berbagi itu ditujukan untuk orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah saja. Netflix pun memutuskan untuk memblokir salah satu fitur yang selama ini menjadi salah satu kelebihan dan favorit para penggunanya itu. 

Perwakilan dari Netflix menjelaskan kepada awak media bahwa cara baru untuk melakukan verifikasi akses akun adalah dengan memeriksa apakah orang yang menggunakan akun Netflix itu memang orang yang benar untuk memiliki hak tersebut, yakni apakah mereka memang membayar biaya langganan secara legal atau tidak. 

Untuk saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap uji coba dan Netflix belum mau memberikan informasi mengenai kapan fitur itu akan dirilis menjadi permanen dan global. 

Info dari sumber internal Netflix, saat ini para pemegang saham platform tersebut memberikan tekanan kepada pihak manajemen untuk segera mengatasi masalah ini. Masalah yang dimaksud adalah telah ditemukan banyak kasus bahwa orang-orang membagikan akun mereka dengan cara yang dianggap telah melanggar aturan yang ada. 

Lebih lanjut, dampak dari masalah itu adalah langsung menyerang sisi finansial perusahaan. Dengan membatasi praktek semacam ini, diharapkan orang-orang yang tidak berhak itu kemudian bisa mendaftar langganan sendiri, ketimbang meminjam akun rekan mereka. 

Layanan streaming film seperti Netflix, HBO Go, Amazon Prime, Disney Plus dan lainnya saat ini memang mengizinkan lebih dari satu profil dalam satu akun. Namun dalam kontrak itu diatur bahwa yang memiliki izin penggunaan profil itu adalah orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah saja. Banyak orang yang mengabaikan aturan ini, sementara perusahaan juga sulit untuk melakukan verifikasi dan menegakkan aturan yang ada. 

Praktik Jual Beli Akun Sharing Netflix

Di Indonesia sendiri, fitur Sharing Account Netflix ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk dijual kembali. Mereka mematok harga mulai dari Rp20 ribuan sampai dengan Rp50 ribuan untuk sebuah akun Netflix dengan status berbagi itu. Mereka menjualnya di beberapa Marketplace online.

Cara kerjanya, mereka mendaftar sebuah akun dan berlangganan Netflix. Kemudian dibuat empat sampai lima akun yang masing-masing akan dijual ke orang lain yang membutuhkan layanan Netflix dengan harga miring. Pembayarannya memang legal, namun jika melihat aturan dari Netflix semacam ini memang terlarang. 

Resiko yang bisa didapatkan dari penggunaan praktik semacam ini adalah akun akan mengalami pembekuan atau bahkan pemblokiran permanen. Tentunya jika fitur pembatasan berbagi akun tersebut memang benar-benar akan diterapkan oleh Netflix, maka bisa menjadi kabar buruk bagi para pelapak akun sharing Netflix kedepannya. 

Leave a Reply

Send this to a friend