Netflix Streaming HD Perangkat Android

Netflix Hentikan Layanan Streaming HD di Sejumlah Perangkat Android

NESABAMEDIA.COMNetflix telah menghentikan dukungan untuk tayangan streaming dengan kualitas High Definition (HD) di sejumlah perangkat Android. Pengumuman ini pun cukup mengejutkan banyak pihak. Pada awal pekan lalu Netflix telah memperbarui daftar perangkat Android yang bisa memutar tayangan streaming kualitas HD. Sayangnya, dalam daftar itu ada dua perangkat Android yang tak lagi muncul, yakni Pixel C dan Nexus 9. 

Tablet Nexus 9 pertama kali muncul pada bulan November tahun 2014 silam, hampir bersamaan dengan smartphone Nexus 6, dan kemudian Pixel C hadir di bulan Desember 2015 beberapa bulan setelah Nexus 6P. Namun untuk saat ini, kedua perangkat Nexus itu masih bisa memutar tayangan HD Netflix, namun tidak bisa dipastikan akankah bisa bertahan di beberapa waktu ke depan.

Mungkin saja perangkat Android lainnya masih bisa menjalankan tayangan HD dari Netflix meski tidak lagi mendapatkan dukungan. Namun hal itu lebih dikarenakan perangkat tersebut memiliki komponen atau fitur lain yang mendukung, seperti Widevine DRM. Tanpa adanya fitur tersebut, tayangan Netflix hanya bisa dinikmati dalam kualitas resolusi standar. 

Awal tahun ini Netflix juga menghentikan dukungan tayangan HD untuk Nexus 7. Padahal sebelumnya perangkat itu satu-satunya yang paling awal bisa memutar tayangan streaming HD dari Netflix. 

Pengguna Nexus 9 dan Pixel C sejauh ini masih bisa menonton tayangan streaming film dan acara TV di Netflix. Namun karena kebijakan tersebut, semua konten yang ada tidak akan bisa ditampilkan dalam kualitas HD, namun akan ditampilkan pada resolusi standar atau maksimal 480p.

Belakangan kebijakan yang diambil oleh Netflix sedikit mengecewakan penggunanya. Sebelumnya perusahaan juga mengatakan akan menaikkan harga berlangganan. Namun kebijakan ini tidak akan dilakukan secara serentak di seluruh negara, melainkan secara bertahap. Di Inggris misalnya, harga langganan Netflix sejauh ini sudah mengalami kenaikan hingga tiga kali. 

Kenaikan itu terjadi di semua jenis paket berlangganan, mulai dari paket Basic hingga Premium. Bagi pengguna Nexus 9 dan Pixel C yang tak lagi bisa memutar tayangan kualitas HD di perangkat mereka, lebih baik untuk menggunakan layanan paket Basic saja, sehingga bisa menghemat biaya. Karena tentunya jika menggunakan paket Premium akan sia-sia.  

Sebelumnya Netflix juga dikabarkan tengah mengembangkan fitur baru yang bernama mode Audio Only. Fitur ini nantinya akan mengubah konten video, menjadi konten suara. Mode Audio Only ini mungkin cocok bagi para penikmat konten dokumenter dan sejenisnya, sembari mengerjakan aktivitas lainnya di rumah.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend