Aplikasi Netflix Android Fitur Mode Audio Only

Netflix Akan Hadirkan Fitur Audio Only di Aplikasi Android

NESABAMEDIA.COMNetflix banyak sekali melakukan peningkatan fitur dan performa sejak awal tahun ini. Dan kali ini fitur baru yang akan dibawa oleh Netflix tersebut adalah mode Audio Only.

Di saat banyak orang berusaha tetap di dalam rumah untuk meminimalisir penyebaran wabah pandemi Covid-19, mereka menemukan cara tersendiri untuk mencari hiburan dengan berlangganan layanan streaming untuk menonton film, acara televisi atau musik.

Layanan streaming mengalami peningkatan jumlah pelanggan dengan Netflix menjadi yang paling teratas peningkatannya, melampaui segala ekspektasi. Sebelumnya, Netflix telah melakukan uji coba dengan fitur lock screen dan kecepatan pemutaran yang variabel. Kini mereka dikabarkan tengah melakukan uji coba pada fitur baru lainnya yakni, fitur audio only, atau dalam artian fitur suara saja.

Fitur ini pertama kali diketahui pada bulan Oktober lalu, dan kini telah dikonfirmasi bahwa fitur ini nantinya akan dirilis secara server side (melalui server) di pembaruan yang akan datang.

Saat pengguna menonton tayangan Netflix dalam layar penuh atau full screen, aplikasi Android itu akan menampilkan opsi baru dengan icon Video Off. Jika opsi itu dipilih, maka pengguna hanya akan mendengar suara dari film yang sedang diputar itu, tanpa gambar sama sekali.

Fitur Netflix Video Off

Fitur Netflix Video Off

Meski demikian, tombol kontrol yang ada sebelumnya, tetap tersedia meski layar nampak kosong dengan warna hitam. Seperti tombol play, pause, ubah kecepatan, fast forward dan rewind. 

Memang selama ini banyak juga pengguna yang menikmati layanan streaming dari Netflix hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Biasanya mereka melakukannya sambil mencuci piring, bekerja atau melakukan kegiatan lainnya. Kebanyakan layanan yang dinikmati seperti ini adalah film berupa dokumenter, atau stand up comedy. 

Lebih lanjut, dalam opsi Video Off untuk mendengarkan audio atau suara saja, pengguna juga bisa memilih tiga pilihan tingkat lanjut. Antara lain Always On, Headphones atau Speaker eksternal dan tombol off. 

“Kami akan terus mencari cara baru untuk bisa meningkatkan pengalaman dalam menggunakan layanan Netflix untuk para pelanggan kami. Kami menjalankan banyak sekali tes dan uji coba di sejumlah negara dan di waktu yang berbeda, hanya untuk memastikan bahwa fitur yang kami tawarkan benar-benar berguna,” kata juru bicara Netflix. 

Tidak diketahui kapan fitur ini pastinya akan hadir di aplikasi pengguna. Namun pihak Netflix mengatakan fitur ini akan hadir dalam waktu dekat, dan meminta pengguna untuk sering mengecek pembaruan di Play Store.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend