Kamera Ultra Wide Samsung Galaxy S21

Samsung Pasang Kamera Ultra Wide Tingkat Lanjut di Galaxy S21

NESABAMEDIA.COMSamsung akhirnya akan secara resmi meluncurkan Galaxy S21 pada bulan depan, dan sejauh ini sudah banyak sekali bocoran yang telah tersebar di internet. Kali ini, bocoran baru lagi muncul yang mengungkap spesifikasi dari kamera ultra wide yang ada di smartphone Samsung Galaxy S21 itu.

Tiga model smartphone Galaxy S21 akan dilengkapi dengan sensor ultra wide yang sama dari Sony IMX563. Sensor ini merupakan sensor yang memiliki ukuran ½.55 inci dengan 1.4µm piksel dan resolusi sebesar 12 megapiksel. Seperti yang ada dalam bocoran, sensor tersebut akan ditambahi dengan dua Phase Detection Auto Focus (PDAF). Dengan adanya kemampuan autofocus ini, sensor ultra-wide tersebut juga akan bisa digunakan sebagai fotografi makro. 

Tentunya ini adalah fitur dan kemampuan yang sangat menarik, ketika pengguna memakai smartphone itu untuk mengambil gambar. 

Dengan demikian, Samsung tidak lagi membutuhkan sensor tambahan tersendiri hanya untuk mengambil foto makro. Bahkan sensor ultra-wide yang ada di Galaxy S20 Ultra sebenarnya juga memiliki spesifikasi yang sama, namun tidak memiliki fitur autofocus. 

Lebih lanjut, smartphone Galaxy S21 juga akan menawarkan field of view (FoV) sebesar 123 derajat. Hal ini lebih lebar dari FoV 120 derajat yang ada di sensor ultra wide pada smartphone Galaxy S20 Ultra. 

Sementara bocoran yang muncul pada awal bulan lalu mengungkapkan desain smartphone Galaxy S21 secara keseluruhan. Dengan Galaxy S21 dan S21 Plus yang dikabarkan akan menggunakan tiga kamera, Galaxy S21 Ultra sepertinya akan hadir dengan empat kamera di bagian belakangnya.

Jika berbicara soal kamera belakang, baik Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus akan dilengkapi dengan kamera utama 12MP dan kamera telefoto 64MP. Sementara itu Galaxy S21 Ultra dirumorkan akan dirilis menggunakan kamera utama 108MP, kemungkinan dengan sensor ISOCELL MH3 dan juga dua kamera telefoto 10MP. 

Apabila sensor telefoto yang pertama menawarkan zoom optical hingga 3x, sensor telefoto yang kedua memiliki zoom optical hingga 10x. Seperti biasanya, Samsung akan terus merilis smartphone flagship mereka dengan dukungan dari chipset Qualcomm Snapdragon untuk pasar Amerika, Cina dan Korea Selatan. Sementara pasar negara lainnya akan menggunakan chipset Exynos 2100. 

Tentu hal yang sangat menarik untuk ditunggu untuk melihat perbedaan kemampuan yang dihasilkan dari kedua chipset itu. 

Leave a Reply

Send this to a friend