Windows 10 Build 19043 21H1

Versi Beta Pembaruan Fitur Windows 10 Build 19043 (21H1) Akan Segera Dirilis

NESABAMEDIA.COMMicrosoft diberitakan telah menyelesaikan pengembangan dari pembaruan fitur Windows 10 Build 19043 yang akan datang, yang kemungkinan akan dirilis pada semester pertama tahun 2021. Namun perlu dicatat, pengguna Windows 10 diharapkan tidak terlalu bersemangat menunggu kehadiran pembaruan 21H1 karena nantinya hanya akan berupa pembaruan minor dengan sejumlah perbaikan dan peningkatan fitur saja.

Seperti pembaruan bulan Oktober 2020 yang berbasis pada pembaruan bulan Mei 2020, Windows 10 versi 21H1 juga akan berbasis pada pembaruan Oktober 2020. Versi baru ini nantinya juga akan menghadirkan ‘Enablement Package’ untuk menjadikan fitur di versi 20H2 ke versi 21H1. 

Hal ini berarti bahwa build number-nya nanti akan ditingkatkan menjadi Build 19043 dari yang sebelumnya 19041 atau 19042, tergantung dari versi sistem operasi Windows 10 yang dimiliki pengguna saat itu.

Pada bulan Januari atau Februari nanti, Microsoft kemungkinan besar akan memulai merilis pembaruan itu untuk uji coba ke kanal pratinjau di program Windows Insider. Sejumlah sumber lain juga melaporkan bahwa pembaruan yang akan datang itu akan berbentuk rilisan Service Pack, dengan perkiraan fitur-fitur baru seperti berikut ini:

  • Icon baru untuk aplikasi Settings
  • Mode gelap untuk Windows Search
  • Fitur baru untuk Cortana
  • Task Manager akan menampilkan arsitektur sistem operasi
  • Peningkatan pengaturan grafis
  • Peningkatan pada Windows Subsystem for Linux (WSL)

Sejumlah peningkatan dan fitur kecil lainnya akan dirilis melalui Windows Experience Packs baru saat pembaruan kumulatif bulanan. 

Di saat versi Windows 10 21H1 akan menjadi pembaruan minor, Microsoft dikabarkan juga tengah mengerjakan versi 21H2, yang diharapkan akan mengenalkan sejumlah tampilan antarmuka baru dan peningkatan di Start Menu. Windows 10 21H2 sendiri kemungkinan akan mulai muncul di program Windows Insider pada bulan Januari atau Februari.

Pembaruan fitur tersebut kemudian akan ditargetkan oleh Microsoft untuk mulai memasuki tahap finalisasi di bulan Juni, sebelum benar-benar dirilis ke publik yang dijadwalkan pada bulan Oktober atau November tahun depan.

Kemungkinan juga Microsoft akan melakukan backport pada beberapa fitur yang ada di pembaruan Sun Valley (21H2) ke Windows 10 versi 21H1 menggunakan Feature Experience Packs, yang menggabungkan cara baru Microsoft dalam merilis fitur ke sistem operasi Windows.

Leave a Reply

Send this to a friend