Program TaskbarGroups di Windows 10 Taskbar

TaskbarGroups di Windows 10 Jadikan Tampilan Desktop Lebih Bersih dan Teratur

NESABAMEDIA.COMTaskbarGroups adalah program open source baru yang bisa membantu pengguna untuk mengatur Taskbar di Windows 10. Pengaturan yang dimaksud adalah pengguna bisa mengelompokkan shortcuts yang ada di Taskbar, sehingga bisa menjadikan tampilan desktop yang lebih bersih dan terorganisir. 

Dengan tol TaskbarGroups ini, pengguna bisa membuat beberapa grup atau kelompok shortcut dan menyematkannya (pin) di bagian Taskbar Windows 10. Cara kerja tool baru ini pun sebenarnya sangat sederhana, dan tool ini bisa diunduh untuk pengujian dari halaman Github berikut ini

Setelah melakukan unduhan program TaskbarGroup dari halaman Github yang sudah disediakan di atas, pertama yang harus dilakukan tentu mengekstrak file berbentuk arsip zip itu. Kemudian jalankan file executable yang ada, untuk mulai memasang program di perangkat Windows 10.

Selanjutnya yang harus dilakukan pengguna adalah menekan tombol “Add Taskbar Group” di pilihan yang tersedia di tampilan program itu. Setelahnya tambahkan shortcut program atau aplikasi yang diinginkan di dalam grup yang telah dibuat sebelumnya. Pengguna bisa menambahkan judul dan icon grup tersebut. Klik kanan pada grup yang sudah dibuat, untuk membuka folder shortcut. 

Setelah berhasil dibuat, pengguna kemudian bisa menekan grup yang ada di Taskbar untuk bisa mengakses semua file executable dan shortcuts yang telah ditambahkan ke grup tadi. Langkah ini bisa dibilang sangat simpel dan mudah, bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membuat shortcut di program TaskbarGroups ini.

Tampilan TaskbarGroups Windows 10

Tampilan TaskbarGroups Windows 10

Program open source ini merupakan program pihak ketiga yang dikembangkan oleh seorang user dengan akun tjackenpacken dan baru dirilis empat hari yang lalu, (17 Desember 2020) di halaman Github. 

Program TaskbarGroups Windows 10

Program TaskbarGroups Windows 10

Untuk versi saat ini, TaskbarGroups memiliki dukungan untuk menambahkan taskbar dalam model vertikal dan penyematan di bagian atas. Kemudian juga dukungan untuk monitor ganda, serta juga memiliki fitur hidden taskbar di mana bisa menambahkan shortcut dan menyembunyikannya demi privasi.

Windows 10 dalam beberapa waktu terakhir telah banyak sekali mendapatkan pembaruan yang sangat membantu dalam aktivitas dan pengelolaan pengguna. Kini Microsoft juga tengah mengembangkan sebuah fitur baru untuk memonitor baterai laptop, sehingga pengguna bisa mengatur penggunaan baterai agar lebih hemat lagi. 

Leave a Reply

Send this to a friend