Konsep Tampilan Windows 10 Tahun 2021 Mendatang Sun Valley

Proyek Sun Valley, Langkah Microsoft Mendesain Ulang Windows 10

NESABAMEDIA.COMSebuah sumber menyebutkan bahwa Microsoft tengah menyiapkan perubahan besar pada sistem operasi Windows 10 di tahun 2021 mendatang. Desain tampilan antar muka sistem operasi itu akan dirombak besar-besaran oleh Microsoft. Tampilan antar muka yang akan mengalami perombakan itu seperti Start Menu, Action Center, dan termasuk juga File Explorer. 

Microsoft ingin menghadirkan tampilan antar muka dengan kesan yang lebih modern, animasi lebih baik, dan banyak fitur baru di dalamnya. Kode untuk pembaruan antar muka itu diketahui diberi nama “Sun Valley”. 

Diperkirakan proyek Sun Valley akan mulai dirilis ke pengguna Windows 10 sebagai bagian dari pembaruan “Cobalt” pada musim liburan tahun 2021 mendatang. Sebuah dokumen internal menyebutkan bahwa proyek tersebut merupakan bagian dari langkah penyegaran kembali dan juga modernisasi pengalaman menggunakan Windows di perangkat desktop agar memenuhi kebutuhan pengguna dalam sebuah dunia yang didorong oleh platform modern dan lebih ringan.

Sejak Windows 10 dirilis, sejauh ini memang tidak ada perubahan pada tampilan antarmukanya yang cukup signifikan. Sementara platform lain sudah banyak mengalami perubahan mulai dari tampilan antarmuka hingga keseluruhan desainnya dalam lima tahun terakhir. Windows 10 hanya pernah sekali melakukan perubahan kecil, yakni ketika memperkenalkan Fluent Design beberapa tahun lalu, dan tidak ada perubahan lagi setelahnya.

Informasi lain menyebutkan bahwa proyek Sun Valley tersebut dipelopori oleh tim berpengalaman, di bawah kepemimpinan Chief Product Office, Panos Panay yang baru diangkat pada bulan Februari kemarin. Microsoft mengumumkan pada bulan Mei kemarin bahwa pada 2021 mendatang perusahaan akan melakukan investasi ulang, dan proyek Sun Valley adalah jawabannya.

Mungkin masih terlalu dini untuk menentukan apa yang akan dibawa oleh Sun Valley di Windows 10 ini. Namun dari keterangan narasumber menyebut bahwa pengalaman dalam menggunakan Start Menu dan Action Center akan diperbarui, seperti yang ada di Windows 10X namun ditujukan untuk penggunaan di perangkat desktop. 

Microsoft juga berupaya memberikan pembaruan pada Taskbar namun dengan pengkodean yang lebih modern dan antarmuka yang telah ditingkatkan untuk File Explorer. Sementara untuk pengguna perangkat tablet, akan mendapatkan pembaruan animasi dan pengalaman yang lebih lancar. Salah satunya seperti yang sudah diketahui yakni desain baru pada keyboard sentuh dan pemilihan emoji, yang telah dirilis di kanal Beta.

Leave a Reply

Send this to a friend