Adobe Flash Player Windows 10

Pembaruan Windows 10 KB4577586, Bakal Hapus Adobe Flash

NESABAMEDIA.COMMungkin sudah banyak yang tahu jika Microsoft ingin menghapus Adobe Flash di browser. Rupanya, Microsoft juga akan menghilangkan Adobe Flash itu di sistem operasi Windows 10 juga. Pihaknya pun telah menyiapkan pembaruan pada musim gugur dalam versi optional, untuk mematikan Adobe Flash dari browser dan juga sistem operasi

Diketahui, pembaruan itu nantinya adalah KB4577586 dan diberi nama “Pembaruan Penghapusan Adobe Flash”, diikuti dengan versi dari sistem operasi yang dipasang oleh pengguna di perangkat mereka. Pengguna pun bisa mendapatkan pembaruan itu melalui Update Catalog dan melakukan pengunduhan. Pembaruan tersebut akan tersedia untuk semua jenis versi Windows, termasuk LTSB dan Windows Server yang terkait.

Yang perlu diperhatikan, pembaruan tersebut hanya tersedia untuk dilakukan secara manual melalui halaman Update Catalog, sebagai pembaruan opsional dan tidak akan berjalan secara otomatis seperti pembaruan pada umumnya.

Namun Microsoft juga mengatakan akan merilis pembaruan yang sama melalui Windows Update. Nantinya pembaruan itu akan direkomendasikan secara khusus oleh Microsoft, sebagai bagian dari penghentian Adobe Flash pada 31 Desember 2020 nanti. 

Sebagai informasi tambahan yang juga perlu diperhatikan pengguna adalah, pengguna yang melakukan instalasi secara manual pembaruan KB4577586 tidak akan mendapatkan pilihan untuk melakukan uninstal atau pencopotan pembaruan tersebut. Begitu juga untuk melakukan rollback ke versi sebelum melakukan pembaruan. 

Agar dapat menggunakan Adobe Flash kembali, sebelum benar-benar dimatikan oleh Microsoft, pengguna harus melakukan instal ulang sistem operasi Windows 10 secara keseluruhan. Microsoft nantinya juga akan menghapus semua API, Group Policies, dan antarmuka yang terkait dengan pengguna Adobe Flash. Penghapusan semua fitur yang terkait dengan Adobe Flash itu akan dilakukan Microsoft pada musim panas tahun depan. 

Menariknya, ada pengguna yang mencoba menginstal pembaruan KB4577586 dan menemukan bahwa setelahnya, Adobe Flash itu masih tetap ada di browser Edge dan di sistem operasi. Microsoft pun telah dimintai keterangannya akan hal ini, namun pihaknya masih belum memberikan jawaban. 

Mungkin kemungkinan besar, Microsoft akan merilis pembaruan tambahan sebelum benar-benar merilis pembaruan untuk menghapus Adobe Flash itu ke pengguna umum.

Leave a Reply

Send this to a friend