Peningkatan dan Hal Baru di Pembaruan Windows 10 Mei 2021

Peningkatan dan Hal Baru di Pembaruan Windows 10 Mei 2021

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 Mei 2021 telah diumumkan pada awal tahun ini dan juga telah dirilis ke pengguna mulai tanggal 18 Mei kemarin, namun masih membutuhkan waktu untuk bisa benar-benar hadir di perangkat PC yang telah memenuhi syarat. Akhir tahun ini pun, perangkat Windows 10 yang baru akan mulai dijual dengan versi terbaru secara pra-install.

Seperti yang mungkin sudah diketahui, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa peningkatan fitur pertama untuk Windows 10 di tahun ini, akan tidak jauh berbeda dengan yang sudah tersedia di pembaruan bulan Oktober 2020.

Baik Windows 10 versi 21H1 maupun 20H2 berbagi konten layanan yang sama. Pengguna bisa memasang pembaruan kumulatif bulanan yang sama dan tidak akan mendapatkan perbedaan yang mencolok. Secara singkat ini adalah sebuah pembaruan dengan modifikasi, perbaikan atau peningkatan dari versi pembaruan sebelumnya.

Pembaruan Windows 10 Mei 2021 menghadirkan fitur-fitur baru yang utamanya ditujukan untuk pengguna bisnis, dan tidak ada banyak perubahan besar. Namun, apabila pengguna memakai Windows Hello di perangkat yang memiliki kamera eksternal, Microsoft mengatakan bahwa mereka telah mengaktifkan dukungan untuk setelan banyak kamera.

Selamat Tinggal Edge Legacy

Pada awalnya, browser default dari Windows 10 adalah yang berbasis EdgeHTML (mesin render buatan Microsoft). Namun pada Januari tahun lalu, browser Edge berbasis Chromium telah dirilis untuk Windows dan platform lainnya. Pihak Microsoft mengatakan bahwa versi baru ini didesain sebagai pengganti dari Edge Legacy yang lama.

Ketika Microsoft mulai merilis pembaruan Windows 10 Oktober 2020 dengan browser Edge Chromium, browser versi Legacy itu masih bisa diakses. Kini apabila pengguna memasang pembaruan Windows 10 Mei 2021, Edge Legacy akan dihapus secara keseluruhan dari sistem. Jika pengguna belum memiliki Edge Chromium, maka browser itu akan terpasang secara otomatis.

Flash Player Tak Lagi Terpasang Pra-Install

Microsoft secara perlahan ‘membunuh’ Adobe Flash Player di semua versi Windows 10. Di versi yang lama, Microsoft melakukan pendekatan bertahap untuk menghapus Flash Player. Ketika pengguna menghapus Flash Player, maka mereka tidak akan bisa lagi memasangnya.

Di Windows 10 Mei 2021, Adobe Flash Player tidak lagi terpasang pra-install, dan pengguna pun tidak bisa menjalankan konten Flash. 

Dukungan Multi Kamera Windows Hello

Windows 10 versi 21H1 akan memberikan dukungan pada kamera eksternal Windows Hello apabila sudah ada kamera internal di perangkat. Ini akan sangat membantu ketika pengguna memakai monitor berukuran besar atau monitor ganda dengan sebuah kamera bawaan, namun kualitasnya tidak cukup untuk Windows Hello.

Di pembaruan ini, pengguna pun bisa menghubungkan webcam eksternal yang dilengkapi dengan IR dan menggunakannya untuk otentikasi Windows Hello dan di saat bersamaan masih menggunakan kamera bawaan untuk bekerja, seperti melakukan video konferensi. 

Windows Defender Application Guard Jadi Lebih Cepat

Dalam lingkungan bisnis, fitur tingkat lanjut di Windows Defender Application Guard digunakan untuk melindungi komputer saat membuka konten web atau dokumen. Fitur ini ada untuk memastikan bahwa konten tersebut memang benar-benar aman dan terlindungi lewat sebuah tempat khusus semacam mesin virtual kecil.

Masalahnya adalah, fitur itu lebih lambat daripada aplikasi pada umumnya. Dalam pembaruan ini, Microsoft berupaya mempercepat kinerja Windows Defender Application Guard secara signifikan dan mereka mengklaim peningkatan itu akan sangat terasa ketika pengguna membuka dokumen atau beralih dari satu halaman ke halaman lain di website. 

Leave a Reply

Send this to a friend