Windows 10 Versi 21H1 Resmi Dirilis Ke Publik

Windows 10 Versi 21H1 Resmi Dirilis Ke Publik

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 versi 21H1 yang telah lama ditunggu akhirnya dirilis oleh Microsoft pada Selasa 18 Mei 2021 kemarin. Pembaruan ini menurut pihak Microsoft akan berfokus pada peningkatan kualitas daripada penawaran fitur-fitur baru ke pengguna. Windows 10 sendiri tetap menjadi sistem operasi di perangkat PC paling dominan, dan penggunanya semakin meningkat di saat wabah pandemi.

Microsoft terus mencoba mengambil langkah pendekatan yang lebih hati-hati dengan bisnis Windows mereka, yang sejauh ini telah menyumbang 14 persen dari pendapatan perusahaan. Dengan lebih dari 1,3 miliar perangkat yang menjalankannya, Windows 10 tetap menjadi sistem operasi perangkat desktop yang paling banyak dipakai, dengan raihan pangsa pasar sebesar 59 persen pada bulan April lalu. 

Setelah memperkenalkan Windows 10 di tahun 2015, Microsoft telah menghabiskan beberapa tahun berikutnya dengan menghadirkan sejumlah pembaruan. Mereka merilis dua pembaruan utama setiap tahunnya, dibandingkan Apple dengan MacOS dan Google dengan Android yang hanya sekali. 

Pada 2019 silam, Microsoft mengatakan bahwa strategi mereka adalah akan merilis pembaruan normal utama di paruh pertama dan kemudian diikuti pembaruan utama di tahun kedua yang menghadirkan pada peningkatan kinerja. Di 2020, di saat mulai banyak pengguna yang bermigrasi dari Windows 7, Microsoft mengulang strategi itu. Kini pembaruan yang berorientasi peningkatan kualitas telah hadir dengan dirilisnya pembaruan Windows 10 Mei 2021 atau yang juga dikenal dengan versi 21H1, untuk paruh pertama tahun 2021. 

Panos Panay, Kepala Produk Microsoft mengumumkan pada bulan Mei tahun lalu, di tengah pandemi virus Covid-19 yang memaksa orang-orang untuk bekerja dari rumah dan bertemu dengan rekan melalui perangkat mereka, ini akan menghabiskan 75 persen lebih banyak waktu mereka dengan Windows 10. 

Microsoft juga melaporkan pertumbuhan yang luar biasa cepat dalam penjualan lisensi Windows untuk PC selama empat kuartal terakhir. Namun kali ini, Microsoft tidak akan menjadikan para pengguna Windows 10 untuk mempelajari lebih banyak fungsi-fungsi perangkat lunak yang ada kali ini, tapi lebih akan memberikan peningkatan kualitas kepada mereka.

Berikut beberapa perubahan yang dibawa oleh Windows 10 versi 21H1:

  • Windows Defender Application Guard, yang akan memberikan keamanan ketika pengguna membuka file Office dan menampilkan halaman situs yang aman dengan menjalankannya dalam sebuah kontainer khusus, akan mendapatkan peningkatan kinerja. Misalnya, Microsoft mengatakan mereka telah memperbaiki masalah yang menyebabkan kontainer itu menghabiskan 1GB RAM ketika tidak sedang digunakan.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan pembaruan admin sistem ke Active Directory menjadi lambat ke PC pengguna.
  • Jika perangkat PC memiliki lebih dari satu kamera yang dapat menggunakan fitur Windows Hello untuk masuk dengan aman melalui pengenalan wajah, Windows sekarang akan menetapkan kamera eksternal sebagai perangkat default, bukan internal.
  • Browser Edge lama yang menjadi bagian dari Windows 10 akan dihapus, dan akan digantikan oleh browser Edge berbasis Chromium yang baru, yang juga telah dibundel Microsoft dalam pembaruan Windows 10 pada musim gugur tahun lalu. 

Pengguna Windows 10 bisa memeriksa apakah pembaruan ini telah tersedia di perangkat mereka atau tidak dengan cara membuka halaman Settings → Update & Security → Windows Update dan klik tombol Check for Updates. Atau bisa juga dengan mengunduh dalam bentuk ISO dari halaman resmi Microsoft berikut ini.

Leave a Reply

Send this to a friend