Bocoran Desain Windows 10 Terbaru, Tampilan Action Center dan Kotak Dialog

Bocoran Desain Windows 10 Terbaru, Tampilan Action Center dan Kotak Dialog

NESABAMEDIA.COMSejumlah bocoran terbaru telah mengungkap lebih banyak dari pembaruan Windows 10 Sun Valley dan perombakan desain pada bagian Action Center, termasuk juga gambar baru dari kotak dialog aplikasi yang akan hadir dengan sudut membulat. 

Seperti yang baru-baru ini dikonfirmasi dalam laporan yang diterbitkan awal bulan ini, perkembangan dari Windows 10X telah dihentikan sementara. Dengan adanya pemberhentian sementara tersebut, pembaruan Sun Valley diharapkan bisa menghadirkan perombakan desain antarmuka utama dengan lebih banyak fitur. 

Sepertinya, Microsoft telah mulai melakukan pengujian pada beberapa fitur yang akan hadir di Windows 10X untuk Action Center di build pratinjau. Beberapa gambar dari build pratinjau itu menunjukkan bahwa Action Center yang akan dihadirkan bersamaan dengan pembaruan Windows 10 Sun Valley itu akan terlihat cukup familiar, meskipun dengan beberapa peningkatan antarmuka penting dari Windows 10X yang dibatalkan tersebut.

Dari tangkapan layar di atas, yang tentu saja bukan sebuah desain mockup, menunjukkan versi awal dari Action Center yang baru dengan sedikit peningkatan antarmuka dari Windows 10X. 

Ini adalah tampilan pertama dari kode yang ada di build pratinjau. Desain ini masih belum bisa didapatkan oleh para penguji atau pengguna di Windows Insider saat ini, namun tersembunyi di belakang label eksperimental dan siapapun yang biasa menggunakan Visual Studio dengan kemampuan debug, akan bisa mengaktifkannya dengan sedikit melakukan perubahan pada WindowsShellExperienceHost.exe.

Dalam build pratinjau saat ini, sepertinya Action Center yang baru itu masih dalam tahap-tahap awal pengembangan. Namun, ada beberapa perubahan yang cukup mencolok. Misalnya ada sebuah Gripper baru (ikon geser di atas quick actions) dan itu adalah pertama kali diperkenalkan dengan Windows 10X.

Tampilan Action Center Baru

Tampilan Action Center Baru

 

Demikian juga, pengguna kini juga bisa menggeser bagian ujung layar untuk membuka pengaturan cepat Action Center, seperti yang ditampilkan pada gambar gerak di bawah ini. Ini juga sebelumnya eksklusif untuk Windows 10X. 

Fitur Slide Action Center

Fitur Slide Action Center

Dari sini, bisa dikonfirmasi bahwa pembaruan Sun Valley, yang akan diluncurkan beberapa bulan lagi, akan menggunakan fitur antarmuka dari Windows 10X untuk komponen intinya. Menu mengambang (floating menu) juga akan menjadi fitur inti dalam perubahan desain antarmuka itu, yang juga akan merambah ke Action Center. 

Lebih Banyak Ujung Membulat

Sekitar dua minggu sebelum digelarnya konferensi Developer Build 2021, Microsoft tidak sengaja membagikan tangkapan layar dari fitur yang akan datang untuk pengembang. Dalam sebuah postingan blog, Microsoft mengunggah tangkapan layar kotak dialog aplikasi Windows dengan sudut membulat. 

Postingan itu pun segera dihapus oleh pihak Microsoft, namun banyak pengguna yang sudah terlanjur mendapatkan gambaran tersebut. 

Kotak Dialog Sudut Membulat

Kotak Dialog Sudut Membulat

Tangkapan layar di atas, yang juga berasal dari postingan blog Microsoft yang sudah dihapus itu menunjukkan kotak dialog aplikasi yang memiliki ujung membulat. Desain ujung membulat ini akan diterapkan pada kotak konfirmasi, peringatan dan kotak dialog lainnya yang ada di aplikasi desktop. 

Leave a Reply

Send this to a friend