Windows 10X Kembali Alami Penundaan Jadwal Perilisan

Windows 10X Kembali Alami Penundaan Jadwal Perilisan

NESABAMEDIA.COMSebelumnya, Microsoft dikabarkan akan merilis Windows 10X sekitar akhir tahun 2021. Sistem operasi yang merupakan versi terbaru dari Windows 10 yang dirancang khusus untuk perangkat layar ganda ini kini diberitakan sedang ditarik kembali oleh Microsoft untuk memastikan dalam perilisan nantinya sudah sesuai dengan standar serta meminimalisir bug yang kemungkinan bisa saja muncul. 

Penundaan perilisan ini bukanlah yang pertama terjadi pada Windows 10X, di mana sebelumnya Microsoft juga telah melakukan penundaan. Saat itu, Microsoft mengubah strategi mereka dengan menjadikan Windows 10X lebih difokuskan untuk perangkat layar tunggal, serta memberikan konfirmasi bahwa Windows 10X tidak akan mendukung aplikasi berbasis Win32. 

Windows Central melaporkan bahwa pada awal tahun 2020, Microsoft mengambil keputusan untuk menunda jadwal perilisan Windows 10X untuk memastikan bahwa produk mereka benar-benar siap dan kuat untuk perilisan yang lancar. 

Penundaan jadwal perilisan ini seharusnya memberi Microsoft lebih banyak waktu untuk memoles Windows 10X. Sistem operasi ini awalnya dijadwalkan untuk dirilis dengan perangkat layar ganda Microsoft, yakni Surface Duo. Sayangnya keputusan itu tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan, dan Surface Duo diluncurkan dengan sistem operasi Android sebagai gantinya. 

Setelah perilisan Surface Duo itu, Microsoft seakan diam mengenai perkembangan dari Windows 10X. Beberapa bulan berselang, sekitar pertengahan 2020, Microsoft merilis versi beta dari Windows 10X untuk umum. Pengguna yang tergabung dalam program pengujian itu, berkesempatan untuk bisa melihat lebih detail mengenai Windows 10X seperti wadah aplikasi, Start Menu yang baru, dan sejumlah fitur baru lainnya yang dirancang untuk perangkat layar ganda. 

Microsoft juga mengumumkan sebuah fitur keamanan baru yakni fitur anti maling, yang membuat perangkat nantinya akan semakin sulit untuk dicuri dan memudahkan pengguna menghapus data-data mereka saat mengalami kehilangan perangkat. 

Windows 10X juga sempat muncul dan berjalan di perangkat smartphone layar tunggal. Sistem operasi tersebut berjalan di perangkat Lumia 950 XL dengan sangat lancar, yang kemudian memunculkan kembali harapan bahwa sistem operasi Windows bisa saja kembali disediakan untuk perangkat smartphone.

Menurut laporan, Windows 10X tidak akan difokuskan untuk perangkat konsumen umum, setidaknya tidak diawali untuk pasar tersebut. Namun, perangkat dengan sistem operasi itu ditujukan untuk pasar edukasi dan bisnis terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Send this to a friend