Microsoft Ungkap Rencana Final Untuk Hapus Adobe Flash Player

Microsoft Ungkap Rencana Terakhir Untuk Hapus Adobe Flash Player

NESABAMEDIA.COMSecara diam-diam rupanya Microsoft mengungkap rencana akhir mereka untuk menghapus plugin Adobe Flash dari Windows 10, dengan sebuah penghapusan wajib yang akan dimulai pada bulan Juli 2021 mendatang.

Pada tanggal 1 Januari 2021, Adobe Flash secara resmi telah berakhir masa tugasnya (End of Life) setelah dianggap memiliki resiko keamanan yang tinggi saat pengguna menjelajahi web karena terus meningkatnya eksploitasi dari para peretas.

Sebagai bagian dari akhir masa pakainya, Adobe secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mendistribusikan Flash Player, dan para pengembang browser juga tidak akan lagi memberikan dukungan plugin Flash. Selain itu, Adobe menambahkan sebuah tombol pemutus ke Flash Player yang mencegah konten Flash digunakan mulai tanggal 12 Januari 2021 lalu.

Pada akhirnya, Microsoft juga merilis pembaruan opsional KB4577586 yang menghapus plugin Adobe Flash 32-bit itu dari Windows dan mencegahnya untuk bisa dipasang kembali oleh pengguna. Untuk saat ini, pembaruan KB4577586 itu harus secara manual dipasang lewat Katalog Microsoft. Akan tetapi, Microsoft sebelumnya juga menyatakan bahwa mereka akan merilis pembaruan itu lewat WSUS dan Windows Update di masa mendatang. 

Dalam sebuah pembaruan secara diam-diam di postingan blog soal berakhirnya dukungan terhadap Adobe Flash, Microsoft menyoroti rencana mereka berikutnya tentang bagaimana pihaknya akan mulai merilis pembaruan Windows 10 KB4577586 itu. 

Mulai bulan Juni 2021, Microsoft akan memasukkan pembaruan itu di pembaruan kumulatif opsional di Windows 10 untuk versi 1809 dan yang lebih baru. Pembaruan ini akan dirilis pada minggu ketiga dan keempat bulan Juni sebagai bagian dari jadwal pembaruan C. 

Microsoft kemudian akan memasukan pembaruan itu sebagai pembaruan Patch Tuesday bulan Juli 2021, sebagai pembaruan kumulatif wajib untuk Windows 10 versi 1507 dan lebih baru, Windows Server 2012 dan Windows 8.1

Bagi pengguna yang memasang Windows 10 21H1 yang akan mulai dirilis sebagai pratinjau publik pada bulan ini, pembaruan KB4577586 akan secara otomatis terpasang dan plugin Adobe Flash Player akan terhapus. 

Leave a Reply

Send this to a friend