CPU Lambat Windows 10

Perbaikan Untuk Masalah CPU Lambat di Windows 10 Telah Dirilis Microsoft Dengan KB4580364

NESABAMEDIA.COMPada akhir pekan lalu, Microsoft merilis pembaruan Windows 10 20H2 Build 19042.608 (KB4580364) ke pengguna yang tergabung dalam program Insider dan Kanal Beta. Pembaruan itu diantaranya memberikan perbaikan pada bug di angka CPU yang banyak dikeluhkan oleh pengguna di halaman komunitas. 

Mereka mengeluhkan, CPU mereka berhenti mentok di angka .79 GHz, meskipun sebenarnya bisa melampaui angka tersebut. Alhasil, perangkat pengguna pun berjalan sangat lambat.

“CPU saya didesain dengan spesifikasi 4GHz dengan fitur turbo. Namun karena alasan yang tidak jelas, CPU saya hanya bisa bekerja tidak sampai kecepatan yang seharusnya. Terkadang, melakukan restart pada perangkat, bisa menghilangkan masalah tersebut, namun terkadang juga masih terjadi,” kata salah satu pengguna.

Diketahui, pengguna tersebut menggunakan perangkat laptop ASUS FX505GT-US52. Pengguna lain dengan laptop yang sama, juga melaporkan masalah tersebut.

Meski sebelumnya telah menjadi rahasia umum, jika pembaruan pada Windows 10 seringkali membuat CPU bekerja ekstra. Dan terkadang penggunaannya hingga mencapai 100 persen di Task Manager. Namun pemuatan angka spesifikasi CPU yang salah juga kerap dialami pengguna. Pembaruan 20H2 yang ditunggu-tunggu pun, rupanya tidak membawa perbaikan pada masalah tersebut.

Microsoft pun mengklaim bahwa pembaruan KB4580364 yang baru saja dirilis, bisa mengatasi masalah CPU yang salah dalam menampilkan kecepatan frekuensinya. Pihaknya juga mengatakan bahwa memang CPU dengan jenis tertentu akan mengalami masalah itu. 

Tidak diketahui juga seberapa luas dan seriusnya isu kali ini. Meski demikian, perbaikan yang dirilis Microsoft itu belum tersedia untuk publik, hanya untuk pengguna Insider atau di Kanal Beta saja. Yang jelas, Microsoft akan melakukan pengujian terlebih dahulu dengan pembaruan tersebut. Dan mungkin tidak butuh waktu lama, patch perbaikan itu bisa dirilis ke publik dengan versi stabilnya.

Karena perbaikannya masih terbatas, mungkin pengguna umum yang tidak tergabung dalam program Insider, bisa melakukan langkah berikut ini sebagai solusi sementara.

  • Buka halaman Settings (Control Panel)
  • Buka halaman Power Options dan pilih Edit Power Plan
  • Pilih Change Advanced Power Settings
  • Pastikan dua nilai yang ada di bawah opsi Maximum Processor State, keduanya menunjukkan angka 100 persen
  • Kemudian pastikan kedua opsi di System Cooling Policy dalam keadaan aktif

Yang perlu dicatat, bahwa masalah CPU yang bekerja lambat dan tidak sesuai frekuensi maksimalnya, bukan disebabkan karena pembaruan Windows 10 20H2. Pasalnya masalah ini sudah ada beberapa bulan sebelum pembaruan itu dirilis.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend