Browser Internet Explorer Digantikan Microsoft Edge

Microsoft Paksa Tautan di Internet Explorer Hanya Bisa Diakses Melalui Edge

NESABAMEDIA.COM – Microsoft mengambil langkah terakhir dengan browser Internet Explorer, di mana perusahaan semakin meningkatkan proses transisi dari browser lama tersebut ke browser terbaru, Microsoft Edge. Misalnya, pada bulan November mendatang, Microsoft akan menjadikan Edge sebagai browser default untuk sejumlah halaman website.

Lebih lanjut, Microsoft menjelaskan jika nantinya pengguna yang hendak membuka tautan atau link, maka tautan tersebut tidak akan terbuka di browser IE seperti sebelumnya. Melainkan akan dibuka di browser Edge secara otomatis. 

Edge merupakan browser terbaru buatan Microsoft. Awalnya browser Edge diluncurkan bersamaan dengan Windows 10 pada tahun 2015 silam.

Namun pada awal tahun ini, Microsoft merilis ulang Edge dengan perubahan sangat besar, yakni menjadikannya sebuah browser yang berbasis mesin Chromium. Pada bulan Mei kemarin, bersamaan dengan dirilisnya Windows 10 versi 2004, Microsoft menjadikan Edge sebagai browser default, menggantikan Internet Explorer yang dihentikan dukungannya.

Ada tiga hal yang bisa dipelajari dari langkah yang diambil Microsoft ini. Pertama, mungkin ini bisa dibilang sebagai cara licik dari Microsoft untuk mengalihkan pengguna Internet Explorer ke browser Edge. Kedua, Microsoft ingin memaksa pengguna agar menggunakan browser yang lebih baru. Dan ketiga, mungkin hal ini hanya sebagai tanda bahwa Microsoft benar-benar ingin mematikan Internet Explorer.

Skenario yang paling memungkinkan adalah kombinasi dari ketiganya. Pengguna akan bisa melihat perubahan ini diterapkan oleh Microsoft pada bulan depan. Sebagai informasi, mungkin banyak pengguna personal yang tidak lagi menggunakan Internet Explorer, namun bagi mereka yang menggunakan Windows Enterprise seperti perusahaan atau industri, jumlahnya masih sangat banyak. 

Akan menjadi pengeluaran tambahan bagi perusahaan untuk melakukan penggantian infrastruktur salah satunya pada browser ini. Namun sepertinya Microsoft tetap memaksa agar mereka ini mau untuk melakukan perubahan, demi keamanan dan juga pengalaman yang lebih baik tentunya.

Karena Internet Explorer semakin bertambah tua, hal itu semakin meningkatkan ancaman pada masalah keamanan. Microsoft pun memperingatkan seluruh penggunanya agar segera berpindah menggunakan browser Edge di Windows 10

Pada 17 Agustus 2021 nanti, Microsoft juga berencana mulai menghapus integrasi IE dengan produk Office 365. Selanjutnya, tinggal menunggu waktu saja, bahwa Microsoft bakal benar-benar membunuh IE untuk selamanya.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend