Windows 10 di Laptop

Windows 10 Sembunyikan Halaman Control Panel, Namun Ada Trik Untuk Mengaksesnya

NESABAMEDIA.COMPada tahun 2015 silam, Microsoft mengatakan bahwa halaman pengaturan (Settings) di Windows 10 akan menggantikan peran Control Panel. Namun Control Panel hingga sekarang ini masih menjadi salah satu bagian paling penting dari sistem operasi Windows 10. 

Sejak diperkenalkannya tema Metro di Windows 8, pengguna dihadapkan pada dua cara yang terpisah untuk mengontrol pengaturan perangkat mereka. Pertama adalah Control Panel yang dibuat berdasarkan komponen lama yang ada di sistem operasi Windows dan aplikasi Win32. Sementara yang baru adalah Settings, yang lebih modern dan menawarkan kemampuan pengaturan personalisasi yang lebih luas.

Dengan hadirnya pembaruan 20H2 beberapa waktu yang lalu, Microsoft mematikan halaman Control Panel. Jika pengguna melakukan klik kanan pada shortcut This PC, dan membuka Properties, Windows akan mengarahkan pengguna ke halaman Settings yang baru.

Mungkin ini bukan masalah yang besar, namun diyakini Microsoft mengambil langkah sedemikian rupa untuk memisahkan Control Panel dengan Settings dan mematikan halaman pengaturan yang telah menemani pengguna sejak lama itu.

Langkah mematikan Control Panel itu, disertai dengan janji yang diutarakan Microsoft bahwa pihaknya akan menghadirkan halaman Settings dengan komponen dan fitur yang jauh lebih modern. Namun sayangnya, jika melihat halaman Settings yang ada saat ini, Microsoft masih belum bisa lepas dari komponen asli Control Panel secara keseluruhan.

"Halaman

Setelah dilakukan penelusuran, sebenarnya Microsoft tidak benar-benar menghapus halaman Control Panel dan applet itu masih terintegrasi sangat baik dengan Windows 10. Pada kenyataannya pengguna masih bisa melewati pengalihan paksa ke halaman Settings dan mengakses halaman Control Panel kembali.

Untuk melakukannya, pengguna tinggal menyalin jalur berikut ini di address bar Windows Explorer : “Control Panel\System and Security\System” 

Jika pengguna mengakses secara manual halaman Control Panel dan klik pilihan System, Microsoft justru akan menampilkan halaman Settings. Gunakan cara di atas untuk mengakses Control Panel dengan tampilan lama. 

Nampaknya dari apa yang terjadi pada Control Panel ini, Microsoft memang tidak bisa benar-benar menghapus komponen lama yang ada di sistem operasi Windows. Mereka hanya bisa menyembunyikannya, agar tidak bisa diakses oleh pengguna. 

Leave a Reply

Send this to a friend