Fitur Baru Whatsapp

Fitur Baru Whatsapp, Mulai Mute Selamanya, Hingga Jualan Langsung di Aplikasi

NESABAMEDIA.COMWhatsapp secara rutin memberikan pembaruan fitur dan peningkatan aplikasinya untuk bisa memberikan kelancaran dan pengalaman terbaik pada 2 miliar lebih penggunanya.

Baru-baru ini, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook itu merilis sejumlah fitur baru dan sejumlah lainnya bakal dihadirkan dalam waktu dekat. Beberapa diantaranya adalah fitur yang paling ditunggu pengguna. Berikut ini daftarnya. 

Always Mute

Fitur Always Mute akhirnya hadir di Whatsapp untuk perangkat Android maupun iOs. Seperti namanya, fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mematikan notifikasi, baik notifikasi text maupun suara untuk chat atau grup tertentu dengan jangka waktu tidak terbatas. 

Sebelumnya fitur mute notifikasi yang ada di Whatsapp, hanya memiliki jangka waktu paling lama 1 tahun saja. Fitur ini seperti sebuah berkah, bagi para pengguna Whatsapp yang tidak menginginkan notifikasi dari orang atau grup yang menjengkelkan namun tidak mau untuk memblokir atau keluar dari grup. 

Tautan Perangkat

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Whatsapp juga sedang berupaya memperkenalkan peningkatan pada antarmuka untuk Whatsapp versi web dengan label “Gunakan Whatsapp di Perangkat Lain.” Saat ini, ketika pengguna menekan tombol Whatsapp Web/Desktop di halaman pengaturan, mereka biasa melihat pemindai QR Code untuk dipindai agar akun Whatsappnya bisa diakses melalui perangkat PC atau Laptop. 

Sekarang, label tersebut telah diganti dengan nama yang lebih baru yakni “Link a Device,” atau “Tautkan Perangkat.” Tombol tersebut jika ditekan akan memungkinkan pengguna untuk membuat sesi baru di Whatsapp Web atau perangkat lain. Namun fitur ini akan tersedia di pembaruan yang akan datang.

Tampilan Antarmuka Penyimpanan

Whatsapp juga melakukan perubahan pada tampilan penyimpanannya untuk pengguna versi Beta. Menurut postingan di blog Whatsapp, peningkatan tampilan itu dirilis pada versi Beta sebelumnya, namun karena dilakukan bertahap dan dalam tempo cukup lambat, banyak pengguna Beta yang masih belum kebagian mendapatkan pembaruan tersebut.

Panggilan Web Whatsapp

Fitur lain yang juga sedang dalam tahap pengembangan oleh pihak Whatsapp adalah fitur yang akan memberi pengguna sebuah opsi untuk melakukan panggilan melalui versi web atau desktop dari Whatsapp. 

Dari apa yang dilaporkan oleh WABetaInfo, Whatsapp versi web akan mendapatkan opsi panggilan video dan opsi panggilan suara yang akan ditempatkan di ujung kontak yang berlawanan.

Whatsapp Business

Whatsapp juga memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna Whatsapp versi Bisnis untuk menjual produk mereka langsung dari platform tersebut. Fitur itu juga memungkinkan adanya transaksi pembelian secara langsung menggunakan chat Whatsapp. Nantinya Whatsapp juga akan menyediakan hosting bagi UKM yang tergabung dalam program milik Facebook.

Whatsapp selama ini mengenakan biaya bagi pengguna bisnis yang ingin mengirimkan notifikasi kepada para pelanggannya. Dengan adanya fitur ini, bisa menjadi penyeimbang bahwa Whatsapp tidak hanya meminta biaya namun bisa dijadikan sebagai tambahan pendapatan.

Leave a Reply

Send this to a friend