Adobe Flash Player di Microsoft Windows 10

Yang Terjadi Setelah Pengumuman Dimatikannya Adobe Flash Player di Windows 10

NESABAMEDIA.COMKabar soal penghentian dukungan Adobe Flash telah ramai diperbincangkan. Microsoft pun juga memutuskan untuk menghentikan dukungan mereka pada Adobe Flash Player di Windows 10 terhitung mulai tanggal 31 Desember 2020. Termasuk juga menghentikan dukungan Flash Player ke browser Edge dan Internet Explorer 11. 

Bagi para pengguna, ini artinya bahwa mulai bulan Januari 2021, mereka tidak akan bisa mendapatkan pembaruan keamanan dan dukungan untuk Adobe Flash Player. Selanjutnya, Microsoft juga telah mengumumkan langkah-langkah untuk menghapus keberadaan Flash dari sistem operasi Windows 10 mereka melalui pembaruan dengan judul “Pembaruan untuk Penghapusan Adobe Flash Player”, awal tahun 2021 nanti. 

Berikut pengumuman yang disampaikan oleh Microsoft:

“Sebuah pembaruan berjudul “Pembaruan untuk Penghapusan Adobe Flash Player”, akan disediakan melalui katalog pembaruan Microsoft, Windows Update dan WSUS yang akan secara permanen menghapus Adobe Flash Player dari komponen perangkat Windows OS. 

Jika pengguna ingin menghapus Adobe Flash Player lebih dulu dari sistem yang sudah dijadwalkan, pembaruannya akan tersedia di katalog pembaruan Microsoft pada musim gugur 2020.

Pembaruan akan disediakan sebagai pembaruan opsional di Windows Update dan WSUS pada awal tahun 2021, dan akan dijadikan sebagai rekomendasi untuk beberapa bulan berikutnya. Perlu dicatat bahwa pembaruan ini akan menjadi permanen dan tidak bisa dicopot.”

Microsoft juga menyediakan checklist dari penghentian dukungan Adobe Flash Player di browser, seperti yang tercantum berikut ini:

  • Flash saat ini telah dimatikan secara default di browser Microsoft Edge. Namun, pengguna masih bisa mengaktifkan ulang di setiap ulang hingga bulan Desember 2020
  • Di browser Edge (Chromium) yang baru, Adobe Flash Player akan dihapus mulai Januari 2021
  • Flash tidak akan dimatikan secara default untuk browser Microsoft Edge versi lama (Legacy), atau di Internet Explorer 11, sebelum benar-benar dihapus pada Desember 2020
  • Mulai bulan Januari 2021, Flash akan dimatikan secara default dan versi Flash yang lebih lama dari rilisan bulan Juni 2020 akan diblokir. Komponen Flash Player akan dihapus dari sistem operasi Windows melalui pembaruan di awal tahun 2021
  • Selanjutnya di tahun 2021, semua API, Group Policies dan antarmuka pengguna yang mengatur perilaku Flash akan dihapus dari Microsoft Edge versi lama dan Internet Explorer 11

Dalam hal ini, Microsoft tidak sendirian, karena Adobe dan Google juga menghentikan dukungannya mulai tanggal 31 Desember 2020. Jadi demi alasan keamanan, mungkin ini saat yang tepat untuk menghapus Adobe Flash Player.

Leave a Reply

Send this to a friend